Bupati Agam Resmikan Festival Urang Minang Baralek Gadang, Sinergi Lestarikan Budaya dan Pertumbuhan UMKM

Bupati Agam Resmikan Festival Urang Minang Baralek Gadang, Sinergi Lestarikan Budaya dan Pertumbuhan UMKM

TOPSUMBAR – Bupati Agam, Andri Warman menyatakan kebanggaannya atas pelaksanaan Festival Urang Minang Baralek Gadang yang dibuka secara resmi pada Kamis, 1 Agustus 2024, di GOR Rang Agam, Lubuk Basung.

Menurutnya, festival ini tidak hanya menawarkan hiburan tetapi juga membuka peluang ekonomi, terutama bagi pelaku UMKM.

“Kegiatan ini sangat menarik dan meriah, serta dilaksanakan di ibukota Lubuk Basung. Kami berharap acara ini dapat dinikmati dengan gembira oleh masyarakat, khususnya masyarakat Lubuk Basung,” ujar Andri Warman.

Bacaan Lainnya

Pembukaan festival ini juga dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, anggota DPR-RI, anggota DPRD Sumatera Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumbar, serta pejabat lainnya dari Kabupaten Agam.

Festival yang berlangsung dari tanggal 1 hingga 3 Agustus 2024 ini menghadirkan beragam kegiatan, termasuk Festival Kriya, Festival Marandang, dan Festival Solo Song.

Berbagai kegiatan tersebut diharapkan dapat berkontribusi pada pelestarian dan pengembangan budaya Minang serta meningkatkan partisipasi masyarakat dalam kegiatan budaya.

Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah yang membuka festival secara langsung, menyampaikan harapannya agar acara ini menjadi sarana efektif dalam mempromosikan budaya Minang dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama pelaku UMKM di Lubuk Basung.

“Semoga acara ini mampu mempererat hubungan sosial dan ekonomi, menarik lebih banyak wisatawan, serta berdampak positif pada pertumbuhan ekonomi lokal,” ucap Mahyeldi.

Sementara itu, Ismunandi Sofyan, SE, anggota DPRD Sumatera Barat, menjelaskan bahwa ini adalah kali kedua acara tersebut diadakan di Kabupaten Agam, tepatnya di Lubuk Basung, yang merupakan ibu kota kabupaten.

Tahun lalu, festival serupa juga dila ksanakan di tempat yang sama.

“Hari ini, kami sengaja memilih lokasi yang sama tetapi dengan agenda yang berbeda. Topik yang diangkat kali ini adalah Marandang,” ujar Ismunandi.

Ia berharap kegiatan ini memberikan manfaat bagi masyarakat, terutama bagi pelaku UMKM, untuk meningkatkan penghasilan mereka.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait