Belasan Ribu Warga Saksikan Meriahnya Pawai HUT ke-79 RI di Sijunjung

Belasan Ribu Warga Saksikan Meriahnya Pawai HUT ke-79 RI di Sijunjung

TOPSUMBAR – Diperkirakan belasan ribu orang menyaksikan kemeriahan pawai dalam rangka HUT ke-79 RI pada Senin, 19 Agustus 2024 di Muaro Sijunjung.

Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang bersama Forkopimda dan pimpinan OPD yang hadir dipodium utama, tak dapat menyembunyikan raut gembira menyaksikan karya yang ditampilkan peserta pawai.

Pelajar SDN 04 Mundam Sakti, Kecamatan IV Nagari didampingi Kepsek Rokayah, S.Pd menampilkan kreasi Labi (kura-kura) yang bersumber dari bahan bekas.

Bacaan Lainnya

Selain itu, pelajar SDN 06 Palangki, Kecamatan IV Nagari menampilkan kesenian tradisional “talempong pacik” dan pakaian adat Minang.

Para pelajar yang tergabung dalam barisan Kecamatan Koto VII menampilkan tradisi “Baarak Kakuburan,” yang berasal dari Nagari Padang Laweh.

Sedangkan pelajar dari Nagari Aie Angek, Kecamatan Sijunjung menampilkan pula keunikan budayanya “Bakotik Nagari”.

Pelajar dari Nagari Sijunjung turut memperkenalkan tradisi “Bakaua Adat” yang telah dikenal diberbagai penjuru Nusantara, karena berasal dari Perkampungan Adat Dengan Rumah Adat Berjejer Terpanjang di Indonesia yang telah mendapat Rekor MURI.

Sementara itu, pelajar SDIT Kautsar Ilmi menampilkan budaya Nusantara, berupa pakaian adat berupa “takuluak tanduak” hingga pakaian yang biasa dipakai saat tradisi dimasing-masing daerah.

Pawai pembangunan, budaya dan alegoris dalam rangka memeriahkan HUT ke-79 RI tingkat Kabupaten Sijunjung dihadiri warga dari Kecamatan Sumpur Kudus hingga Kecamatan Kamang Baru.

“Nusantara Baru, Indonesia Maju” demikian tema yang diusung melalui peringatan HUT ke-79 Ri tahun 2024.

Kemeriahan suasana menjadi berkah tersendiri bagi pedagang, mulai dari penjual nasi, penjual tebu, penjual es, penjual teh hijau, penjual buah-buahan, penjual makanan ringan, penjual mainan anak-anak hingga penjual payung yang banting harga menjadi Rp 35.000,-

Rute pawai yaitu, mulai dari Pasar Inpres di Jalan Ahmad Syafii Maarif menuju simpang GDM-ASM, lanjut ke Jalan Prof. M. Yamin, SH menuju podium didepan Gedung Pancasila dan berakhir di RTH Logas, Muaro Sijunjung.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait