Baru Belasan Hari Dilantik, Riyanda Putra Nyatakan Mundur dari Anggota DPRD Sawahlunto

Baru Belasan Hari Dilantik, Riyanda Putra Nyatakan Mundur dari Anggota DPRD Sawahlunto

TOPSUMBAR – Sebanyak 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto baru saja dilantik pada 12 Agustus 2024 lalu.

Namun, baru belasan hari setelah dilantik sebagai anggota DPRD Kota Sawahlunto, Riyanda Putra, yang merupakan caleg terpilih dengan suara terbanyak di dapil II Talawi dari Partai Amanat Nasional (PAN), memutuskan untuk mengundurkan diri.

Surat pengunduran dirinya diserahkan pada Selasa, 27 Agustus 2024, kepada Ketua DPRD sementara, Fatrio Naldi, dengan disaksikan oleh beberapa anggota DPRD lainnya, termasuk Nurilman, Idrayeni, Masril, Hendri Alfin, Keke, serta Sekwan Dedi Syahendri.

Bacaan Lainnya

Ketua DPRD Sementara, Fatrio Naldi menyatakan bahwa surat pengunduran diri tersebut akan segera ditindaklanjuti oleh Sekretariat DPRD ke DPD PAN dan kemudian diteruskan ke KPU Kota Sawahlunto untuk proses lebih lanjut.

Selain itu, Sekretaris DPRD (Sekwan), Dedi Syahendri menjelaskan bahwa setelah KPU memverifikasi calon Pengganti Antar Waktu (PAW) yang sesuai aturan, hasilnya akan dikembalikan ke Sekretariat DPRD untuk diteruskan ke Pemerintah Kota Sawahlunto dan selanjutnya disampaikan kepada Gubernur Sumatera Barat.

“Proses pengunduran diri ini harus segera diselesaikan agar tidak ada kendala di KPU nanti,” ujarnya.

Sementara itu, Riyanda Putra sendiri mengaku bahwa ia mundur dari DPRD karena ingin fokus pada kontestasi pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sawahlunto yang akan digelar pada 27 November 2024 mendatang.

Riyanda akan maju sebagai calon Wali Kota didampingi H. Jeffry Hibatullah sebagai Calon Wakil Wali Kota Sawahlunto.

Pasangan ini diusung oleh koalisi Gerindra, Golkar, Demokrat, Nasdem, dan PKS, dan dijadwalkan akan mendaftar resmi ke KPU Kota Sawahlunto pada hari ini Rabu, 28 Agustus 2024.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait