6 Bulan Pasca Pemilu, 20 Anggota DPRD Kota Sawahlunto Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

6 Bulan Pasca Pemilu, 20 Anggota DPRD Kota Sawahlunto Periode 2024-2029 Resmi Dilantik

TOPSUMBAR – Setelah enam bulan terpilih pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu, sebanyak 20 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Sawahlunto akhirnya resmi mengucapkan Sumpah dan Janji pada Senin, 12 Agustus 2024.

Prosesi tersebut dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri Sawahlunto, Tofan Husma Pattimura, dan dilangsungkan di aula Balai Diklat Tambang Bawah Tanah (BDTBT), Kecamatan Barangin.

Acara dimulai dengan pidato oleh Sekretaris DPRD Kota Sawahlunto, Dedi Syahendri, yang membacakan Surat Keputusan (SK) Gubernur mengenai berakhirnya masa jabatan anggota DPRD Kota Sawahlunto periode 2019-2024 dan SK penetapan anggota DPRD periode 2024-2029.

Bacaan Lainnya

Dalam momen sakral tersebut, juga dilakukan serah terima Palu Pimpinan dari Ketua DPRD periode 2019-2024, Eka Wahyu, kepada Ketua DPRD sementara, Fatrio Naldi dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Selain itu, Eka Wahyu menyerahkan dokumen memori pelaksanaan tugas sebagai panduan untuk Fatrio Naldi dalam menjalankan tugasnya sebagai pimpinan sementara DPRD Kota Sawahlunto.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD sementara dijabat oleh H. Jaswandi dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Pada kesempatan tersebut, Penjabat (Pj) Wali Kota Sawahlunto yang diwakili oleh Pj Sekretaris Daerah, Irzam K membacakan pidato Gubernur Sumatera Barat.

Ia juga mengucapkan permohonan maaf dari Pj Wali Kota Sawahlunto, Fauzan Hasan yang berhalangan hadir dikarenakan sedang menjalankan tugas di Istana Kepresidenan.

“Mewakili Pj Wali Kota Sawahlunto, saya mengucapkan permohonan maaf dari Bapak Fauzan Hasan yang berhalangan hadir dikarenakan ada tugas di Istana Kepresidenan. Setelah 6 bulan berlalu, Alhamdulillah hari ini kita dapat menyaksikan pelantikan anggota DPRD Kota Sawahlunto periode 2024-2029,” ujarnya.

“Semoga Bapak/Ibu yang dilantik hari ini dapat menjalankan amanah dengan baik. Dapat menjadi wakil rakyat yang mendengar suara rakyat kita khususnya di Kota Sawahlunto ini. Selamat menjalankan tugas sebagai anggota DPRD Kota Sawahlunto,” tambahnya.

Berikut perolehan kursi di DPRD Kota Sawahlunto periode 2024-2029:

  • PAN = 4 Kursi
  • PPP = 4 Kursi
  • Golkar = 3 kursi
  • PKS = 2 Kursi
  • PKB = 2 kursi
  • Demokrat = 2 kursi
  • NasDem = 2 kursi dan,
  • Gerindra = 1 kursi.

Acara ini turut dihadiri oleh berbagai unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), perwakilan BUMN dan BUMD, jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), para camat, kepala desa/kelurahan, serta keluarga anggota DPRD lama dan baru, undangan lainnya, dan juga awak media.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait