45 Anggota DPRD Kota Padang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik Hari Ini

45 Anggota DPRD Kota Padang Periode 2024-2029 Resmi Dilantik Hari Ini

TOPSUMBAR – Sebanyak 45 anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang secara resmi dilantik pada Rabu, 14 Agustus 2024.

Pelantikan ini berlangsung dalam Rapat Paripurna di Ruang Sidang Utama DPRD Kota Padang, Bypass Sungai Sapih Padang.

Hal ini berdasarkan pada Keputusan Gubernur Sumbar Nomor 171/575 tahun 2024 tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota DPRD Kota Padang.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Muharliyon dipercaya sebagai Ketua sementara dengan Mastilizal Aye sebagai Wakil Ketua DPRD Kota Padang untuk masa bakti 2024-2029.

Syafrial Kani, yang menjabat sebagai Ketua DPRD periode 2019-2024, mengapresiasi berbagai upaya yang telah dilakukan dalam menerapkan otonomi daerah.

Menurutnya, banyak perubahan positif yang terjadi dalam lembaga pemerintahan, baik di pusat maupun daerah, yang kini lebih berfokus pada tata kelola yang baik dan fungsional.

“Sejak memulai masa jabatan di tahun 2019, kami telah menggelar berbagai kegiatan legislatif, baik internal maupun eksternal. Saya mengajak kita semua untuk bersatu padu membangun Kota Padang menjadi lebih baik. Insya Allah, anggota DPRD yang baru akan memberikan yang terbaik bagi Kota Padang,” ujar Syafrial Kani.

Ketua sementara DPRD Kota Padang periode 2024-2029, Muharliyon, mengajak seluruh anggota dewan untuk bekerja sama dalam memajukan Kota Padang.

“Saya memberikan penghargaan kepada anggota DPRD periode 2019-2024 atas dedikasinya. Dengan pelantikan ini, mari kita tekadkan semangat baru untuk Kota Padang. Terima kasih juga kepada KPU dan unsur Forkopimda Kota Padang yang telah menjamin pemilu berlangsung dengan aman dan damai,” ujarnya.

Dalam pidatonya, Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, menekankan peran krusial setiap anggota DPRD yang baru dilantik dalam pembangunan kota.

“Saya mengajak bapak dan ibu anggota DPRD untuk memahami dan melaksanakan tiga fungsi utama dewan: pembentukan peraturan daerah, penyusunan anggaran, dan pengawasan,” kata Andree.

Selain itu, Andree juga menegaskan pentingnya anggota dewan dalam mengatasi masalah masyarakat, memastikan kepatuhan terhadap hukum, menciptakan lapangan kerja, dan mendengarkan aspirasi warga.

“Selamat bekerja kepada anggota DPRD periode 2024-2029 yang baru saja dilantik. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik. Terima kasih juga kepada anggota DPRD periode 2019-2024 atas pengabdiannya yang telah memberikan kontribusi positif bagi negara dan bangsa,” tutupnya.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait