378 Kafilah Siap Berkompetisi di MTQ ke-41 Tingkat Kota Padang

378 Kafilah Siap Berkompetisi di MTQ ke-41 Tingkat Kota Padang

TOPSUMBAR – Sebanyak 378 kafilah akan berkompetisi dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-41 tingkat Kota Padang yang akan berlangsung pada 8-10 Agustus 2024 mendatang. Para peserta (kafilah) berasal dari 11 kecamatan yang ada di Kota Padang.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kota Padang, Jasman, mengungkapkan bahwa persiapan untuk MTQ sudah mencapai lebih dari 90 persen.

Ia berharap pelaksanaan acara tersebut dapat berjalan dengan baik dan lancar.

Bacaan Lainnya

“MTQ akan diadakan dari tanggal 8 hingga 10 Agustus, dengan pusat kegiatan di 8 lokasi di Kecamatan Kuranji, dan arena utama terletak di depan Kantor DPRD Kota Padang,” jelas Jasman dikutip dari laman diskominfo Padang pada Jumat, 2 Agustus 2024.

Jasman menambahkan, MTQ ke-41 akan dimulai dengan Pawai Taaruf, diikuti oleh pelantikan Dewan Hakim.

Perlombaan MTQ akan dimulai pada siang hari, dan di malam hari akan diadakan Tabligh Akbar yang menghadirkan Ustadz Muhamad Nur Maulana.

“Melalui MTQ ini, kami bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengakomodir potensi anak-anak kita, memberikan mereka wadah untuk menunjukkan kemampuan terbaik mereka. Kami berharap peserta dapat melanjutkan ke tingkat Provinsi atau bahkan Nasional. MTQ ini juga menjadi sarana untuk menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap Al-Quran,” tambahnya.

Jasman merinci bahwa pada MTQ ke-41 kali ini akan ada 12 cabang lomba yang dipertandingkan, termasuk Tilawah (untuk anak, remaja, dan dewasa), Tartil (dasar, menengah, umum), Tahfiz 1 juz (tilawah dan non-tilawah), Tahfiz 5 juz (non-tilawah dan non-tilawah), Khutbah Jumat, Azan, Syarhil Quran (putra/putri), Fahmil Quran (putra/putri), dan Qiraat Saba’.

Lomba akan dilaksanakan di 8 lokasi, yaitu arena utama di depan Kantor DPRD, Masjid Raya Istiqlal Kampung Kalawi, Aula MAN 1 Padang Pasar Ambacang.

Kemudian Masjid Baitul Makmur Pasar Belimbing, Masjid Aljadid Karang Ganting Ampang, Masjid Jamiatul Huda Bypass Ketaping, Masjid Tasyakurun Taratak Paneh, dan Masjid Raya Balai Baru Gunung Sarik.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait