126 PNS Terima Satyalancana Karya Satya dari Presiden saat Upacara HUT RI ke-79 di Kota Padang

126 PNS Terima Satyalancana Karya Satya dari Presiden saat Upacara HUT RI ke-79 di Kota Padang

TOPSUMBAR – Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di Kota Padang berlangsung khidmat di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol pada Sabtu, 17 Agustus 2024.

Upacara ini diawali dengan prosesi unik, di mana bendera Merah Putih dan Teks Proklamasi dibawa menggunakan kereta kencana menuju lokasi upacara.

Prosesi ini dipimpin oleh dua anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Padang, yang diiringi oleh pasukan Marching Band Gita Pamong Praja.

Bacaan Lainnya

Pembacaan Teks Proklamasi dilakukan oleh Ketua DPRD Kota Padang sementara, Muharlion. Setelahnya, dengan penuh khidmat, Paskibraka Kota Padang memulai prosesi pengibaran bendera Merah Putih di lapangan upacara.

Pj Wali Kota Padang, Andree Algamar, bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Upacara ini dihadiri oleh Pj Sekda Yosefriawan, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta berbagai unsur terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Andree Algamar menegaskan pentingnya mengenang perjuangan para pahlawan yang telah berjuang dengan semangat persatuan untuk memerdekakan bangsa dari penjajahan.

“Peringatan HUT RI setiap tahun pada 17 Agustus mengingatkan kita akan perjuangan yang tidak mudah. Dengan semangat persatuan dan kesatuan, bangsa Indonesia berhasil bangkit dan bersatu untuk melepaskan diri dari belenggu penjajahan,” ujar Andree.

Pada kesempatan yang sama, Andree Algamar juga menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada 126 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Penghargaan ini diberikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, sebagai bentuk apresiasi atas kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, dan kerja keras PNS yang telah bertugas selama jangka waktu tertentu.

Dari 126 penerima, 57 PNS menerima Satyalancana Karya Satya untuk 10 tahun masa kerja, 24 orang untuk 20 tahun, dan 45 orang untuk 30 tahun masa kerja.

Dalam sambutannya, Andree juga menyampaikan berbagai prestasi yang telah diraih oleh Kota Padang selama tahun 2024.

Salah satunya adalah penghargaan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang berhasil diraih Kota Padang untuk ke-11 kalinya, dengan 10 di antaranya diperoleh secara berturut-turut.

Selain itu, pada peringatan HUT RI ke-79 ini, pemerintah pusat mencanangkan gerakan nasional pembagian 10 juta bendera merah putih.

Menindaklanjuti hal tersebut, pada 31 Juli 2024 lalu, Pemko Padang telah membagikan sekitar 15.355 bendera Merah Putih.

“Alhamdulillah, kita patut berbangga karena Kota Padang kembali mengirimkan perwakilan untuk menjadi Paskibraka tingkat pusat. Raidzaky Rafifaldrie, siswa SMA Negeri 1 Padang, mewakili Provinsi Sumatera Barat sebagai Paskibraka tingkat pusat tahun 2024 yang bertugas di Ibu Kota Negara (IKN),” tutup Andree Algamar, mengakhiri upacara dengan penuh kebanggaan.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait