Yuliot Tanjung, Putra Padang Panjang Dilantik Jadi Wamen Investasi, Ini Profilnya

TOPSUMBAR – Yuliot Tanjung dilantik jadi Wakil Menteri (Wamen) Investasi atau Wakil Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, pada Kamis (18/7/2024).

Pelantikan Yuliot sebagai wamen investasi tertulis dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 45 M Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Wakil Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode Tahun 2019-2024.

Juga pelantikan Yuliot Tanjung sebagai wakil menteri investasi bersamaan dengan pelantikan dua wamen lainnya, yaitu wakil menteri keuangan dan wakil menteri pertanian.

Dengan telah resminya dilantik sebagai wakil menteri investasi, Yuliot pun kini mendampingi Bahlil Lahadalia memimpin Kementerian Investasi/BKPM.

Kepada wartawan setelah pelantikan, Yuliot mengungkapkan fokusnya sebagai pendamping Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia.

“Tugas kami ke depan adalah bagaimana kami mengawal berbagai kebijakan investasi dan juga mengkoordinasikan berbagai kebijakan dengan kementerian/lembaga,” ujarnya usai dilantik Jokowi.

Dikutip dari berbagai sumber, Yuliot Tanjung merupakan putra asli kota Padang Panjang, Sumatera Barat, kelahiran 7 Oktober 1963. Ia sudah lama berkarier di Kementerian Investasi/BKPM.

Sebelum menjabat sebagai Wamen Investasi, Yuliot menduduki posisi Penata Kelola Penanaman Modal Ahli Utama Kementerian Investasi/BKPM.

Ia mulai bekerja di lembaga negara tersebut pada 1998, dan merintis karier dengan pernah menempati posisi Kepala Kantor Perwakilan BKPM di Taiwan, Kepala Biro Perencanaan dan Informasi, Direktur Promosi Dalam Negeri, Direktur Pengendalian Pelaksanaan Wilayah II, dan Direktur Deregulasi.

Yuliot pun pernah menduduki jabatan di kedeputian, yakni sebagai Deputi Bidang Pengembangan Iklim Penanaman Modal sepanjang Oktober 2020-September 2023.

Lalu, ia pernah menjadi Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal sepanjang September 2023-Juni 2024.

Dari sisi pendidikan, Yuliot merupakan alumni SMAN 1 Padang Panjang, lulusan sarjana Produksi Ternak Universitas Andalas dan Magister Manajemen Sekolah Tinggi Manajemen PPM.

Ucapan Selamat Bertugas Mengalir dari Para Pihak dan dari Pj Wali Kota Padang Panjang

Dilantiknya Yuliot Tanjung jadi wamen investasi disambut ucapan selamat bertugas oleh para pihak, terutama oleh teman dan sahabatnya. Termasuk ucapan selamat dari Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Panjang, Sonny Budaya Putra.

Sonny Budaya Putra, menyebutkan selaku pimpinan daerah ia menyampaikan ucapan selamat bertugas kepada Wamen Investasi RI.

Sonny juga turut bangga atas capaian yang telah ditorehkan putra asli daerah Kota Padang Panjang yang masuk dalam Kabinet Indonesia Maju.

“Mewakili masyarakat kota Padang Panjang, kami mengucapkan selamat bertugas dan semoga diberkati serta berikan kelancaran oleh Allah SWT. Semoga akan banyak lagi putra-putri daerah dari Padang Panjang yang sukses di bidangnya masing masing dan dapat memberikan kontribusi untuk bangsa sehingga mampu mengharumkan nama kota ini,” harapnya.

Sedangkan ucapan selamat bertugas dari teman dan sahabatnya, terpantau oleh Topsumbar.co.id, mengalir deras dalam sejumlah jejaring whatsapp group di Padang Panjang.

(AL)

.

Pos terkait