Webinar Literasi Digital di Pasaman: Edukasi Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital

Webinar Literasi Digital di Pasaman Edukasi Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital

TOPSUMBAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat akan mengadakan webinar literasi digital pada Selasa, 23 Juli 2024, pukul 09.00 WIB.

Acara ini mengusung tema “Belajar Hak dan Tanggung Jawab di Dunia Digital” dan ditujukan untuk siswa serta tenaga kependidikan di Kabupaten Pasaman.

Webinar ini akan menampilkan tiga narasumber utama yakni, Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah VI Sumatera Barat Efri Syahputra, dosen Universitas Paramadina Jakarta Septa Dinata, dan CEO PT Elok Prima Asia Erlan. Selain itu, diskusi ini akan dimoderatori oleh Devi Angraini.

Bacaan Lainnya

“Pendaftaran untuk mengikuti webinar ini gratis dan bisa dilakukan melalui link registrasi di https://s.id/RegPendidikanSumatera2307. Selain e-sertifikat, peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama acara akan mendapatkan voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000,” tulis Kemkominfo dalam rilisnya pada Senin, 22 Juli 2024.

Dalam rilisnya, Kemkominfo menyatakan bahwa meskipun penggunaan internet di Indonesia terus meningkat, kesadaran pengguna terhadap hak dan tanggung jawab di dunia digital masih perlu ditingkatkan.

“Dengan memahami hak dan tanggung jawab, pengguna internet dapat memanfaatkan kemajuan teknologi secara optimal,” jelas Kemkominfo.

Kemkominfo juga menekankan pentingnya tanggung jawab seperti etika, empati, dan upaya menjaga lingkungan digital yang aman dan bertanggung jawab.

Menurutnya, internet memiliki potensi besar untuk memajukan ide dan komunitas, tetapi juga bisa merusak jika hak-hak pengguna diabaikan.

Webinar di Pasaman ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang bertujuan mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.

“Sejak 2017, GNLD telah menjangkau 24,6 juta peserta hingga akhir 2023, dan menargetkan 50 juta peserta pada akhir 2024,” tambahnya.

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2024 mencapai 221,5 juta jiwa, dengan tingkat penetrasi 79,5 persen.

Ini menunjukkan peningkatan signifikan dari 64,8 persen pada 2018.

Informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan kegiatan terkait dapat diakses melalui website info.literasidigital.id, serta akun media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Page, dan Kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait