Webinar Kemkominfo: Ajak Pelajar Bukittinggi serta Padang Panjang Beretika dan Bijak Gunakan Teknologi

Webinar Kemkominfo Ajak Pelajar Bukittinggi serta Padang Panjang Beretika dan Bijak Gunakan Teknologi

TOPSUMBAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat akan mengadakan webinar literasi digital untuk pelajar dan tenaga pendidik di Kota Bukittinggi dan Kota Padang Panjang pada Senin, 29 Juli 2024 pukul 09.00 WIB.

Webinar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman etika digital di kalangan pelajar.

Mengusung tema “Etika Pelajar di Dunia Digital”, acara ini akan menghadirkan tiga narasumber utama yaitu Kepala Cabang Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Wilayah I Sumatera Barat, Willia Zuwerni; dosen Universitas Paramadina Jakarta, Septa Dinata; dan Ardiansyah dari Mahir Institute Partner.

Bacaan Lainnya

Sedangkan yang bertindak sebagai moderator pada diskusi ini yakni, Devi Angraini.

“Webinar ini gratis dan peserta dapat mendaftar melalui link registrasi https://s.id/RegPendidikanSumatera2907. Selain mendapatkan e-sertifikat, panitia juga menyediakan voucher e-wallet senilai Rp 1.000.000 untuk 10 peserta yang mengajukan pertanyaan terbaik selama webinar,” ujar Kemkominfo dalam rilisnya pada Minggu, 28 Juli 2024.

Menurut Kemkominfo, etika digital merujuk pada norma, nilai, dan perilaku yang mengatur interaksi dan penggunaan teknologi digital, mencakup tanggung jawab individu dan kelompok terhadap informasi yang dihasilkan, disebarkan, dan diakses melalui platform digital.

Etika digital juga mencakup penggunaan teknologi dengan cara yang adil, aman, dan menghormati hak serta privasi orang lain.

Beberapa aspek kunci dalam etika digital adalah privasi dan keamanan, penggunaan teknologi yang bertanggung jawab, pencarian kebenaran dan kredibilitas informasi, pencegahan cyberbullying dan pelecehan online, partisipasi demokratis dalam ruang digital, serta pemahaman teknologi dan dampaknya.

Webinar ini merupakan bagian dari program Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) yang dihelat Kemkominfo sebagai upaya mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.

Sejak dimulai pada 2017, program ini telah menjangkau 24,6 juta orang hingga akhir 2023, dengan target 50 juta masyarakat Indonesia hingga akhir 2024.

Menurut survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), pengguna internet di Indonesia pada 2024 mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa, dengan tingkat penetrasi internet sebesar 79,5 persen.

“Hal ini menunjukkan peningkatan dari tahun-tahun sebelumnya, yakni 64,8 persen pada 2018, 73,7 persen pada 2020, 77,01 persen pada 2022, dan 78,19 persen pada 2023,” tambahnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang literasi digital dan kegiatan terkait, Anda dapat mengunjungi website info.literasidigital.id.

Anda juga bisa mengikuti akun media sosial Instagram @literasidigitalkominfo, halaman Facebook Literasi Digital Kominfo, serta kanal YouTube Literasi Digital Kominfo.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait