Warga Pasaman Barat Keluhkan Proyek PAMSIMAS, Air Bersih Tidak Pernah Mengalir

Warga Pasaman Barat Keluhkan Proyek PAMSIMAS, Air Bersih Tidak Pernah Mengalir

TOPSUMBAR – Program Nasional Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) yang di bangun pada tahun 2018 berlokasi di Sayur Maincat, Kecamatan Lembah Melintang, Kabupaten Pasaman Barat, Provinsi Sumatera Barat, kini menuai keluhan dari warga setempat.

Pasalnya, pembangunan kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) tersebut semenjak dibangun hanya berfungsi sebentar, namun hingga sekarang telah berhenti.

Sehingga, program Pamsimas yang dibangun itu dinilai pekerjaan gagal, alias tidak bermanfaat.

Bacaan Lainnya

Padahal, pembangunan kegiatan tersebut sudah menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah. Akibatnya, warga di setempat tetap mengkonsumsi air sumur dan sungai.

Berdasarkan informasi di tengah masyarakat Sayur Maincat, keberadaan Pamsimas itu seharusnya menjadi sumber air utama masyarakat, mengapa tidak diurus.

Dari penelusuran di lapangan, Selasa (16/7/2024), memang banyak ditemukan pipa-pipa yang melintas disepanjang jalan gang setempat. Tapi rata-rata sudah pecah karena tidak pernah berfungsi.

“Iya, ini pipa Pamsimas, sudah dipasang tapi tidak pernah berfungsi. Kami selaku warga sangat mengharapkan adanya Pamsimas ini. Apalagi, sumber air dari sumur sering berwarna kekuningan dan kalau ke sungai masih tergolong kotor,” kata warga setempat.

Terkait hal tersebut, anggota Badan Permusyawaratan Nagari/desa, M. Dara saat ditemui awak media mengatakan bahwa, pembangunan proyek PAMSIMAS di lokasinya dinilai tidak berhasil, sebab air dari program Pamsimas tersebut hingga saat ini tidak bisa berfungsi sama sekali.

Bahkan, akibat tidak berfungsinya bantuan air bersih tersebut pihaknya dan warga sekitar meminta instansi terkait untuk turun kelokasi mengkroscek kondisi program Pamsimas ini.

“Percuma saja Pamsimas di buat jika tidak bisa di fungsikan, jadi sayang uang negara digunakan tidak ada manfaatnya,” ungkapnya.

Lanjut dikatakannya, pihaknya sangat berterima kasih banyak atas program yang diberi ini, karena tujuannya untuk memberikan yang terbaik untuk rakyatnya.

“Harapan kami kepada Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat untuk dapat mendengarkan keluhan ini, supaya program Pamsimas air bersih ini dapat secepatnya diperbaiki dan digunakan oleh warga,” harapnya.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait