Warga Nagari Aia Gadang Apresiasi Pembangunan Tebing Sungai Batang Pasaman oleh CV Bintang Lintas Indonesia

Warga Nagari Aia Gadang Apresiasi Pembangunan Tebing Sungai Batang Pasaman oleh CV Bintang Lintas Indonesia

TOPSUMBAR – Warga apresiasi pelaksanaan pembangunan perkuatan tebing sungai Batang Pasaman di Jorong Pasir Bintungan, Nagari Aia Gadang, Kecamatan Pasaman, Kabupaten Pasaman Barat yang dikerjakan oleh kontraktor dari CV Bintang Lintas Indonesia dengan nilai kontrak Rp. 2.402.036.100.

Disampaikan Kepala Jorong Pasir Bintungan, Junaidi, bahwa ia merasa sangat senang dengan pembangunan pelaksanaan perkuatan tebing sungai ini.

Ia menambahkan, selama 13 tahun warga Jorong Pasir Bintungan merasakan ancaman sungai dan kehilangan tanah, bahkan ada rumahnya yang dibawa arus sungai.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah di tahun 2024 ini, berkat dukungan semua pihak, akhirnya dapat terealisasi dan sekarang lagi dilaksanakan pekerjaannya,” ungkap Kepala Jorong didampingi ketua pemuda setempat.

Semoga dengan dibangunnya perkuatan tebing ini, rasa takut masyarakat yang tinggal di sepadan sungai ini merasa nyaman dari ancaman luapan sungai Batang Pasaman.

Kepala Jorong Pasir Bintungan, Junaidi, mewakili masyarakat mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Barat melalui Dinas Sumber Daya Air dan Bina Konstruksi (SDA dan BK) yang telah merealisasikan atau perpanjangan tangan untuk masyarakat, atas pembangunan perkuatan tebing sungai ini.

“Mewakili masyarakat, saya sangat senang, harapan kedepan nya, pembangunan perkuatan tebing sungai ini akan berkelanjutan. Karena, panjang yang harus ditangani lebih kurang 500 meter. Sementara untuk tahun sekarang baru dikisaran 50 meter,” sebutnya.

Ia juga menjelaskan bahwa, kejadian abrasi ini sejak tahun 2010 lalu, dimana kala ini awalnya tebing runtuh sedikit demi sedikit hingga mengabiskan lebih kurang 500 meter panjangnya dan 100 meter lebarnya.

“Tanah yang terbawa arus sungai tersebut juga membawa rumah hanyut sebanyak 13 unit dan sekarang masih terancam sekitar 5 unit lagi. Tapi, dengan adanya bangunan sekarang sudah agak nyaman walaupun masih waswas,” terangnya.

Salah seorang pelaksana pembangunan perkuatan tebing sungai Batang Pasaman dari CV Bintang Lintas Indonesia, Rudi, mengatakan ia akan bekerja semaksimal mungkin, agar pekerjaan ini selesai tepat waktu, kalau bisa selesai dalam 2 bulan ini.

“Kita kerja maksimal baik siang maupun malam, tujuannya agar bisa selesai tepat waktu. Alhamdulillah juga, pekerjaan kita didukung oleh cuaca panas. Sehingga, air sungai surut dan kerja normal,” paparnya.

Disamping itu, Plt Kadis SDA dan BK Provinsi Sumatera Barat, Ahdiarsyah. ST. MT menjelaskan bahwa pelaksanaan pembangunan perkuatan tebing sungai sudah sesuai dengan yang diharapkan oleh warga setempat.

“Mari kita sukseskan pelaksanaan pembangunan perkuatan tebing sungai Batang Pasaman, agar apa yang diharapkan masyarakat itu tercapai dan pembangunan bisa berkelanjutan,” harapnya.

Ahdiarsyah juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, terutama kepada pihak Media dan LSM, yang telah mengawal kegiatan proyek perkuatan tebing sungai Batang Pasaman ini.

Sehingga pelaksanaan pekerjaannya mengikuti aturan kaedah-kaedah yang sudah di tentukan dan sesuai dengan harapan masyarakat.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait