Tingkatkan Yankes, Gubernur Sumbar Resmikan Layanan Jantung Intervensi di RSUD M. Natsir Solok

Tingkatkan Yankes, Gubernur Sumbar Resmikan Layanan Jantung Intervensi di RSUD M. Natsir Solok

TOPSUMBAR – Dalam meningkatkan layanan kesehatan (Yankes), Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meresmikan Layanan Jantung Intervensi di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) M. Natsir, Kota Solok, pada Jumat 5 Juli 2024.

Layanan ini merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang diharapkan dapat memberikan manfaat besar bagi masyarakat, terutama di enam kabupaten/kota wilayah selatan Sumbar.

“Hadirnya layanan ini semakin menegaskan langkah maju Sumbar dan komitmen kita dalam peningkatan pelayanan kesehatan. Layanan ini akan sangat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya yang berdomisili di Kabupaten Solok, Kota Solok, Solok Selatan, Sijunjung, Kota Sawahlunto, dan Dharmasraya,” ucap Mahyeldi dalam sambutannya.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi mengungkapkan rasa syukur dan terima kasih kepada Kemenkes RI atas bantuan yang sangat berarti bagi masyarakat Sumbar.

Ia berharap, Layanan Jantung Intervensi ini dapat mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung dan meningkatkan harapan hidup bagi pasien.

“Layanan Jantung Intervensi RSUD M. Natsir didukung oleh peralatan canggih yang memungkinkan petugas medis melakukan berbagai prosedur intervensi jantung yang sebelumnya harus dirujuk ke rumah sakit lain. Ini tidak hanya akan mempercepat penanganan pasien jantung tetapi juga mengurangi beban biaya dan waktu bagi pasien dan keluarganya,” tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Mahyeldi juga meresmikan gedung baru untuk mahasiswa koas di RSUD M. Natsir yang dibangun oleh Yayasan Baiturrahmah Padang.

Gedung ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas modern untuk mendukung proses pendidikan dan pelatihan bagi para dokter muda.

“Kehadiran gedung ini adalah hasil dari kolaborasi dan sinergi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Yayasan Baiturrahmah,” ujarnya.

Direktur RSUD M. Natsir, Elvi Fitranetti, menyatakan bahwa tim dokter di RSUD M. Natsir telah menjalani pelatihan intensif untuk mengoperasikan Cath Lab di Layanan Intervensi Jantung.

Pihaknya telah siap memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Melalui Layanan Jantung Intervensi, kami bertekad untuk memberikan kontribusi besar dalam menurunkan angka kematian akibat penyakit jantung di Sumbar,” kata Elvi.

(adpsb/bsn)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait