Tingkatkan Layanan Kesehatan, Rutan Padang Panjang Lakukan Penjaringan Hipertensi Bagi Warga Binaan

TOPSUMBAR – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Padang Panjang melakukan penjaringan hipertensi bagi warga binaan pemasyarakatan (WBP), Kamis (18/7/2024).

Penjaringan hipertensi dilakukan Rutan Kelas IIB Padang Panjang bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang dan UPTD Puskesmas Koto Katiak.

Hal tersebut disampaikan Humas Rutan Kelas IIB Padang Panjang, Ropik Afriadi dalam keterangan tertulis, Kamis (18/7/2024).

Ia menjelaskan, kegiatan penjaringan hipertensi itu dilakukan sebagai bentuk peningkatan pelayanan kesehatan kepada warga binaan.

“Kegiatan ini dilakukan oleh tim dari Puskesmas Koto Katiak Kota Padang Panjang dan berkolaborasi dengan tenaga Kesehatan Rutan Padang Panjang,” jelasnya.

Sebelumnya, terang Ropik, para warga binaan dianjurkan untuk berpuasa dari semalam hingga pagi sampai proses pemeriksaan kesehatan selesai. Hal itu dimaksudkan agar diperoleh data yang akurat dari pengecekan darah dan pemeriksaan kesehatan ini meliputi, hipertensi, gula darah, dan asam urat.

“Tindak lanjut hasil pemeriksaan kesehatan pada kesempatan ini diperoleh ada beberapa orang dari WBP hipertensi, Diabetes dan Obesitas,” terangnya.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan ini, Dinas Kesehatan mengingatkan seluruh WBP untuk menjaga pola hidup, pola makan, kebersihan lingkungan dan Minum obat secara teratur,” sambungnya melanjutkan.

Ropik juga menyampaikan, kegiatan ini merupakan tindaklanjut dari surat Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Nomor : B/000/815/DKK-PP/VII/2024 tanggal 16 juli 2024 tentang Permohonan Fasilitasi Kegiatan Skrining Kesehatan bagi Kelompok Khusus.

“Kegiatan ini merupakan salah satu indikator capaian SPM Bidang Kesehatan pada Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Rutan Kelas IIB Padang Panjang, Auliya Zulfahmi berharap dengan adanya kegiatan penjaringan hipertensi dan cek kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang dapat menjadi acuan bagi petugas kesehatan Rutan Padang Panjang dalam memberikan pelayanan kesehatan WBP.

“Terimakasih kepada Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang yang telah bekerjasama dengan Rutan dalam memberikan pelayanan Kesehatan kepada WBP,” ujarnya.

Hadir pada kegiatan ini Kabid P2P Dinas Kesehatan Kota Padang Panjang Rahmaisa, SKM , Kepala Puskesmas Koto Katiak, Irda Yulia, SKM yang turut didampingi oleh tenaga Kesehatan Rutan Padang Panjang, dr. Andri Prima dan tenaga kesehatan lainnya.

(AL)

Pos terkait