Tingkatkan Kompetensi Guru MDTA/TPQ, Pemko Solok Gelar Pelatihan

Tingkatkan Kompetensi Guru MDTATPQ, Pemko Solok Gelar Pelatihan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Solok melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Solok mengadakan Pelatihan Guru MDTA/TPQ di Masjid Agung Al Muhsinin Kota Solok pada Kamis, 11 Juli 2024.

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengajar para guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) dan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) di Kota Solok, dengan harapan melahirkan generasi yang mahir dalam membaca dan menulis Al-Quran.

Kegiatan ini juga merupakan bagian dari rangkaian acara Semarak Muharram 1446 H/2024 M yang berlangsung dari 8 Juli hingga 27 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam laporannya, Analis Kebijakan Ahli Muda, Sisri Irawati, SH, mewakili Kabag Kesra, menyampaikan bahwa pelatihan ini berlangsung selama dua hari, yaitu pada Kamis 11 Juli dan Jumat 12 Juli 2024.

Sebanyak 30 guru MDTA yang masih bersertifikasi B dan C mengikuti pelatihan ini.

“Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti ujian sertifikasi, sehingga sertifikasi B dan C bisa naik ke sertifikasi A. Ujian tersebut dijadwalkan pada 29 hingga 31 Juli 2024,” ujar Sisri.

Bakri, S.IQ, M.Pd.I, dosen di STAI-PIQ Sumatera Barat, yang menjadi narasumber dalam pelatihan ini, menjelaskan beberapa aspek yang dinilai dari guru MDTA, yaitu bacaan Al-Quran, hafalan Al-Quran, microteaching (metode latihan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan dasar seorang calon guru dalam mengajar), dan kemampuan menulis.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait