Terus Dikebut, Gubernur Sumbar Minta Warga Sabar Menunggu Pengerjaan Jalan Lembah Anai

Terus Dikebut, Gubernur Sumbar Minta Warga Sabar Menunggu Pengerjaan Jalan Lembah Anai

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, mengajak masyarakat untuk bersabar menanti selesainya rekonstruksi permanen jalan nasional Lembah Anai.

Pengerjaan yang dilakukan oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) dan PT HKI tersebut berlangsung non-stop sejak bulan Juli ini untuk mengatasi kerusakan akibat banjir bandang.

Dilansir dari rilis yang dikeluarkan oleh biro adpim Sumbar, pada Selasa, 9 Juli 2024, Gubernur melakukan peninjauan ke kawasan Lembah Anai.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi memastikan bahwa Pemprov Sumbar turut berperan aktif dengan menyediakan peralatan dan kendaraan alat berat guna mempercepat proses tersebut.

Berdasarkan informasi dari pihak BPJN Sumbar, terdapat tiga titik kerusakan yang memerlukan perhatian khusus.

Menanggapi hal tersebut, Mahyeldi menegaskan komitmen untuk mengamankan sumber daya guna mempercepat rekonstruksi.

“Jalur ini sangat vital bagi Sumbar dan provinsi tetangga sebagai akses utama bagi orang dan barang. Kami meminta masyarakat untuk bersabar sambil menggunakan jalur alternatif yang tersedia,” ujar Gubernur, yang turut didampingi oleh Kepala Dinas BMCKTR Sumbar, Era Sukma Munaf.

Mahyeldi sangat menyadari pentingnya jalur jalan nasional Lembah Anai yang terputus sepanjang sekitar 6 kilometer bagi masyarakat Sumatera Barat dan provinsi tetangga tersebut.

Oleh karena itu, ia menyampaikan permintaan kepada masyarakat untuk bersabar dan menggunakan jalur alternatif seperti Malalak dan Sitinjau Lauik dengan bijak selama proses rekonstruksi berlangsung.

Targetnya, sebagian jalur Lembah Anai bisa dibuka kembali pada pertengahan Juli dengan pembatasan tertentu hingga proses rekonstruksi selesai sepenuhnya.

“Kami meminta masyarakat untuk bersabar, gunakan jalur alternatif seperti Malalak dan Sitinjau Lauik dengan baik sambil menunggu rekonstruksi Lembah Anai selesai. Sebelumnya, kita menargetkan pertengahan Juli sekitar tanggal 20 Juli jalan Lembah Anai sudah dapat dibuka kembali. Namun, masih ada pembatasan jenis kendaraan dengan sistem buka-tutup hingga jalan ini benar-benar rampung 100 persen,” tutupnya.

(adpsb/isq)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait