Tegaskan Komitmen Bebas Narkoba, 235 Personel Polres dan Polsek Sawahlunto Jalani Tes Urine

Tegaskan Komitmen Bebas Narkoba, 235 Personel Polres dan Polsek Sawahlunto Jalani Tes Urine

TOPSUMBAR – Kapolres Sawahlunto, AKBP Purwanto Hari Subekti, bersama seluruh jajaran personel Polres Sawahlunto, menjalani tes urine yang dilakukan oleh Tim Biddokkes Polda Sumbar.

Pemeriksaan ini melibatkan 235 personel dari Polres dan Polsek se-jajaran, berlangsung pada Rabu hingga Kamis, 24-25 Juli 2024.

Pemeriksaan dipimpin oleh dr. Yudi Candra, didampingi oleh Ns. Sri Rahayu, S.Kep, Pengatur Venny Ismelly, Amd.Kep, dan Briptu Harya Suryade, Amd.Kep dari Biddokkes Polda Sumbar.

Bacaan Lainnya

Kapolres Purwanto menyebutkan bahwa tes urine ini adalah bagian dari upaya untuk mencegah penyalahgunaan narkoba di kalangan aparat kepolisian.

“Pemeriksaan ini berlangsung selama dua hari di lapangan samping Rupatama Tatag Trawang Tungga. Pada hari pertama, sebanyak 176 personel telah diperiksa, dan sisa 59 personel akan diperiksa pada hari kedua,” jelas Kapolres, Purwanto.

Ia menjelaskan bahwa tes urine ini mencakup seluruh jajaran, mulai dari Kapolres, Wakapolres, pejabat utama (PJU), hingga brigadir di Polres Sawahlunto.

Tes ini bertujuan untuk mendeteksi potensi penyalahgunaan narkoba di lingkungan kepolisian.

Proses pemeriksaan dilakukan secara bergantian dengan satu tempat (WC), dimulai dari pengisian data pribadi, pengambilan sampel urine, hingga pemeriksaan laboratorium.

Pengawasan ketat diterapkan untuk memastikan sampel urine tidak terkontaminasi dan hasilnya akurat. Semua proses diawasi oleh Personel Bidpropam Polda Sumbar dan Sie Propam Polres Sawahlunto.

Kapolres Purwanto menyampaikan rasa syukur karena hasil tes urine semua personel menunjukkan hasil negatif.

“Ini berkat dukungan dari Wakapolres, para PJU, perwira, dan seluruh brigadir yang saling mengingatkan dan mematuhi aturan. Kesadaran masing-masing personil juga berperan besar,” ujarnya.

Kapolres juga mengingatkan seluruh personel, terutama Bhabinkamtibmas, untuk menyebarluaskan pesan anti-narkoba kepada keluarga, tetangga, dan masyarakat.

Ia berharap pemerintah kota, stakeholder, dan masyarakat dapat bekerja sama dalam mencegah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah Kota Sawahlunto.

“Perlu saya tegaskan bahwa kita akan menindak tegas setiap pelaku penyalahgunaan narkoba, termasuk anggota kepolisian sendiri,” tambahnya.

(ROL)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait