Sukses Besar! Puluhan Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024

Sukses Besar! Puluhan Ribu Pengunjung Saksikan Puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024

TOPSUMBAR – Festival Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 telah mencapai puncaknya dengan digelarnya prosesi terakhir yakni, Hoyak Tabuik.

Ribuan pengunjung telah berhasil terhipnotis dengan kemeriahan dari puncak acara Hoyak Tabuik Piaman.

Prosesi Hoyak Tabuik ini diakhiri dengan pembuangan tabuik ke laut yang berlangsung di halaman parkir Muaro Pariaman pada Minggu, 21 Juli 2024.

Bacaan Lainnya

Selain itu, para pengunjung terlihat sangat antusias menyaksikan setiap proses penyelenggaraan pembuatan Tabuik hingga puncaknya yakni, Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang diarak untuk dibuang secara bersama-sama ke laut.

Dalam sambutannya, Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam keberhasilan acara ini, termasuk panitia, sponsor, pengunjung, dan media yang ikut memeriahkan kegiatan ini.

“Kota Pariaman memiliki prestasi luar biasa, salah satunya adalah Tabuik. Tahun ini, Pesona Hoyak Tabuik telah terdaftar dalam Karisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia,” ujarnya.

“Meskipun yang terdaftar hanya puncak acara hari ini, kita tidak boleh melupakan bahwa rangkaian Tabuik dimulai dari tanggal 1 hingga 10 Muharram, yang mengundang banyak wisatawan dan berkontribusi pada peningkatan ekonomi masyarakat Kota Pariaman,” tambahnya.

Dalam upaya memajukan daerah, Pemko Pariaman secara rutin menggelar berbagai event wisata yang telah menjadi agenda tahunan di Kota Pariaman.

Untuk Pesta Budaya Tabuik Piaman 2024 ini, Pemko Pariaman berkolaborasi dengan Kementerian Pariwisata RI dan Kementerian Kominfo RI.

Kegiatan ini tidak hanya menonjolkan keunikan budaya Kota Pariaman, tetapi juga memberikan dampak positif bagi perekonomian lokal dengan menarik banyak wisatawan domestik dan mancanegara.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait