Simpang Sugiran Masuk 15 Besar Nasional Desa Brilian 2024, Ini Kata Bupati Lima Puluh Kota

Simpang Sugiran Masuk 15 Besar Nasional Desa Brilian 2024, Ini Kata Bupati Lima Puluh Kota

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh Nagari Simpang Sugiran.

Desa ini telah berhasil menjadi salah satu dari dua nagari di Sumatera Barat yang masuk ke dalam 15 besar dalam ajang penghargaan Nugraha Karya Desa Brilian yang diselenggarakan oleh Bank BRI.

Dari total 473 desa yang mengikuti penilaian di tingkat nasional, Nagari Simpang Sugiran menunjukkan keunggulannya.

Bacaan Lainnya

Ucapan selamat dan sukses disampaikan langsung oleh Bupati, Safaruddin saat menghadiri Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Nagari di bekas SD Negeri 01 Simpang Sugiran pada Kamis, 4 Juli 2024.

Program Desa BRILiaN merupakan inisiatif pemberdayaan desa oleh BRI, yang bertujuan untuk menciptakan model percontohan dalam pengembangan desa.

Hingga akhir tahun 2024, tercatat sekitar 3000 desa telah mendapat manfaat dari program ini.

Safaruddin menyatakan bahwa penghargaan ini merupakan yang kedua setelah Nagari Sitapa di Kecamatan Luak.

Ia berharap prestasi ini dapat menjadi inspirasi bagi 77 nagari lainnya di Lima Puluh Kota untuk terus berkembang melalui program pembangunan yang berkelanjutan.

“Simpang Sugiran memiliki Wali Nagari yang energik dan mampu menciptakan inovasi dalam meningkatkan pembangunan serta perekonomian masyarakat. Dengan dukungan perangkat Bamus dan Bumnag Zigiran Mandiri, pemerintahan nagari Simpang Sugiran berjalan dinamis, efektif, dan efisien. Kami sarankan Wali Nagari lainnya belajar dari kedua nagari ini,” puji Safaruddin.

Selain itu, Safaruddin juga menyoroti potensi yang beragam dari nagari-nagari di Lima Puluh Kota.

Dengan menggunakan dana desa dan dukungan pemerintah, Safaruddin berharap prestasi Nagari Simpang Sugiran dapat memotivasi Wali Nagari lainnya untuk berinovasi dan memaksimalkan potensi yang dimiliki, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kami berharap Simpang Sugiran mampu mengikuti jejak Nagari Sitapa yang tahun lalu meraih peringkat 4 nasional, bahkan bisa melebihi prestasi tersebut. Pemerintah Kabupaten siap mendukung penuh untuk mewujudkan hal itu,” tambahnya.

Wali Nagari Simpang Sugiran, Malkisran, menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian ini.

“Terima kasih kepada elemen masyarakat atas dukungan penuh yang diberikan serta bimbingan dari Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota dan BRI. Ini adalah bukti kerja keras bersama seluruh pihak melalui inovasi yang menghasilkan unit usaha Bumnag Zigiran Mandiri dan memberikan dampak ekonomi yang signifikan serta digitalisasi desa melalui Open SID,” ungkapnya.

Malkisran berharap prestasi yang diraih dapat memberikan motivasi dan semangat baru dalam meraih pencapaian berikutnya yang akan bermuara pada kemaslahatan dan peningkatan perekonomian masyarakat.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait