Roberia Sambut Kunjungan Sheffield University Management School dan Unand di Pariaman

Roberia Sambut Kunjungan Sheffield University Management School dan Unand di Pariaman

TOPSUMBAR – Dalam upaya mengembangkan konsep Smart City di Kota Pariaman, Penjabat (Pj) Wali Kota Pariaman, Roberia, menerima kunjungan Prof. Dr. Kelum Jayasinghe dari Sheffield University Management School (SUMS) dan Ibu Asniarti Bahari beserta tim dari Universitas Andalas.

Pertemuan ini berlangsung di ruang kerja Roberia pada Selasa, 16 Juli 2024.

Pada pertemuan tersebut, Roberia didampingi oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kadis Kominfo) Kota Pariaman, Noviardi, serta Kepala Bidang E-government, Reza Novandri.

Kunjungan ini merupakan bagian dari kegiatan pengabdian masyarakat oleh kedua institusi tersebut, yang berfokus pada keahlian mereka di bidang perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan (Climate Change and Sustainability).

Roberia menjelaskan bahwa sebelumnya Pemerintah Kota Pariaman telah menjalin kerja sama dengan Universitas Andalas untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai Smart City, yang berhasil terwujud pada tahun 2022.

“Alhamdulillah, kita telah menerima penghargaan Gerakan Menuju Smart City 2022 dari Kementerian Kominfo RI, yang diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Ditjen Aptika) Kementerian Kominfo RI, Semuel Abrijani Pangerapan, kepada pimpinan Kota Pariaman sebelumnya,” ungkap Roberia.

Untuk mewujudkan Kota Pariaman sebagai Smart City yang sesungguhnya, Roberia kembali berkolaborasi dengan Universitas Andalas (Unand) dan Sheffield University Management School (SUMS).

Kerja sama ini bertujuan untuk memastikan enam pilar Smart City, yaitu smart governance, smart infrastructure, smart economy, smart living, smart people, dan smart environment, dapat terlaksana dengan baik sesuai data yang ada.

Prof. Dr. Kelum Jayasinghe memberikan apresiasi atas pencapaian Kota Pariaman dalam mewujudkan Smart City yang berkelanjutan.

Jayasinghe menekankan pentingnya pelaksanaan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) di Kota Pariaman yang terintegrasi dengan konsep Smart City.

“Pelaksanaan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan di Kota Pariaman tidak boleh terlepas dari konsep Smart City,” tegas Jayasinghe.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait