Resmi Dibuka, Ini Himbauan Bagi Pengguna Jalan di Jalur Lembah Anai

TOPSUMBAR – Jalur jalan raya Lembah Anai yang berada di kenagarian Singgalang, kecamatan X Koto, kabupaten Tanah Datar resmi dibuka pada Minggu, 21 Juli 2024, pukul 07:00 WIB.

Meski telah dibuka, akses jalan raya nasional yang sempat putus total oleh banjir bandang lahar dingin Marapi, 11 Mei 2024 lalu, para pengguna jalan di jalur Lembah Anai dihimbau untuk memperhatikan sejumlah hal.

Hal tersebut disampaikan oleh Kasat Lantas polres Padang Panjang, Iptu. Afrizal Sahar, S.H., saat dikonfirmasi Topsumbar.co.id, Minggu, (21/7/2024), siang ini.

Ia mengatakan, himbauan pertama adalah pengguna jalan di jalur Lembah Anai agar hati-hati di jalan.

“Utamakan keselamatan karena masih banyak titik pengerjaan dan tumpahan material sehingga jalan licin,” ucapnya.

Himbauan kedua, pengguna jalan agar tidak berhenti di sepanjang jalan dari Air Terjun Lembah Anai sampai batas Kota Padang Panjang.

“Himbauan demikian dimaksudkan agar tidak terjadi kemacetan di jalur jalan Lembah Anai,” imbuhnya.

Himbauan ketiga, kendaraan yang diperbolehkan untuk melintas hanya untuk kendaraan R2, R4 dan R6 (sumbu 2).

“Jadi untuk kendaraan sumbu 3 ke atas dimohon bersabar, mengingat masih ada beberapa titik masih dalam proses pengerjaan,” tuturnya.

Selain himbauan, Ia juga menginformasikan, bahwa saat ini kegiatan wisata alam maupun tempat makan di Lembah Anai sudah tidak ada aktivitas.

“Para pelintas lebih baik berwisata dan berbelanja di Kota Padang Panjang agar perekonomian masyarakat bisa pulih dari dampak bencana alam yang terjadi beberapa waktu lalu,” ujarnya menyarankan.

Diberitakan sebelumnya, bencana banjir bandang lahar dingin Marapi, Sabtu (11/5/2024) lalu, mengakibatkan jalan nasional Padang Panjang – Padang di jalur Lembah Anai putus total dan tidak bisa dilewati.

Baca Juga :

https://www.topsumbar.co.id/2024/05/sejumlah-ruas-jalan-tidak-bisa-dilalui-akibat-banjir-bandang-dan-longsor-di-sumbar/

(AL)

Pos terkait