Puncak Hoyak Tabuik 2024: Diskusi Literasi Digital, Praktik Scamming di Dunia Online bersama Kemkominfo

Puncak Hoyak Tabuik 2024 Diskusi Literasi Digital, Praktik Scamming di Dunia Online bersama Kemkominfo

TOPSUMBAR – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman dan komunitas pemuda setempat akan menggelar acara nonton bareng (nobar) diskusi literasi digital di Pantai Gandoriah, Pariaman, Sumatera Barat pada Minggu, 21 Juli 2024 siang, pukul 13.30 WIB.

Acara bertajuk “Pariaman Cakap Digital” ini merupakan salah satu dari rangkaian puncak Pesona Hoyak Tabuik Piaman 2024.

Festival budaya Tabuik, yang telah menjadi kebanggaan masyarakat Pariaman selama dua abad terakhir, kini termasuk dalam 110 kalender event nasional yang diterbitkan oleh Kemenparekraf tahun 2024.

Bacaan Lainnya

Diskusi dengan tema “Cermati Praktik Scamming di Dunia Online” akan menampilkan tiga narasumber dari berbagai latar belakang yakni, Dosen IAIN Kerinci Jafar Ahmad, Presenter Tonny Purbaya, dan Dosen dari Universitas Negeri Padang Siska Sasmita, dengan dimoderatori oleh Azka Said.

“Kegiatan ini terbuka untuk umum dan gratis. Peserta bisa mendaftar melalui link https://s.id/pendaftarankomunitaspariaman2107. Selain mendapatkan e-sertifikat, kami juga menyediakan hadiah berupa e-money sebesar Rp 1 juta untuk 10 penanya terbaik,” jelas Kemkominfo dalam rilis kepada awak media, Sabtu 20 Juli 2024.

Kemkominfo menguraikan bahwa scamming adalah praktik penipuan untuk memperoleh informasi pribadi, uang, atau aset lainnya dengan cara mengelabui korban.

Penipu sering menggunakan berbagai taktik manipulatif untuk mengeksploitasi kepercayaan hingga menimbulkan ketakutan pada targetnya.

“Penipuan online ini dilakukan melalui platform digital untuk memperoleh informasi sensitif, uang, atau akses tidak sah ke data pribadi atau keuangan. Penipu memanfaatkan anonimitas dan jangkauan internet untuk menargetkan korban secara global,” lanjut Kemkominfo.

Dengan memahami praktik scamming, individu dan bisnis dapat meningkatkan keamanan mereka, melindungi aset, serta berkontribusi pada lingkungan digital yang lebih aman bagi semua orang.

Acara ini akan dihadiri oleh berbagai komunitas masyarakat di Kota Pariaman, seperti DKC Pramuka Kota Pariaman, KNPI Kota Pariaman, PMI Kota Pariaman, Youth Center Kota Pariaman, Juventus Club Indonesia Kota Pariaman, serta masyarakat Pariaman dan sekitarnya.

Selain itu, nobar diskusi ini merupakan bagian dari Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD), yang bertujuan mempercepat transformasi digital di sektor pendidikan dan masyarakat umum menuju Indonesia yang semakin cakap digital.

Sejak diluncurkan pada tahun 2017 lalu, program ini telah diikuti oleh 24,6 juta orang hingga akhir tahun 2023. Sedangkan pada tahun ini, Kemkominfo menargetkan program ini akan diikuti oleh 50 juta orang hingga akhir tahun 2024 ini.

Kecakapan digital sangat penting, mengingat hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pada 2024 pengguna internet di Indonesia mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa. Tingkat penetrasi internet pada 2024 menyentuh 79,5 persen, meningkat dari 64,8 persen pada 2018.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dan kegiatan terkait, kunjungi website info.literasidigital.id.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait