PSU DPD Sumbar: Partisipasi Pemilih Menurun, Nurkhalis Pimpin Perolehan Suara di Payakumbuh

PSU DPD Sumbar: Partisipasi Pemilih Menurun, Nurkhalis Pimpin Perolehan Suara di Payakumbuh

TOPSUMBAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Payakumbuh mengadakan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara Pemungutan Suara Ulang (PSU) DPD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) di Ballroom Hotel Kolivera III pada Rabu, 17 Juli 2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Asisten III Setdako Payakumbuh, Ifon Satria Chan, menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada semua pihak yang telah bekerja keras untuk memastikan PSU berlangsung aman, damai, dan tertib.

“Ini adalah momen penting bagi kita semua untuk menunjukkan bahwa kita mampu menyelenggarakan pemilihan yang jujur, adil, dan transparan,” ujar Ifon Satria Chan.

Bacaan Lainnya

Ifon menambahkan bahwa pemungutan suara ulang yang dilaksanakan pada 13 Juli 2024 lalu merupakan bukti komitmen bersama untuk menjunjung tinggi prinsip-prinsip demokrasi dan keadilan.

“Melalui PSU ini, kita berharap dapat memperbaiki segala kekurangan yang mungkin terjadi pada pemilihan sebelumnya dan memastikan bahwa hasil akhir mencerminkan kehendak rakyat,” lanjutnya.

Selain itu, Ifon juga mengajak semua pihak untuk terus berdoa agar proses penghitungan suara berjalan lancar dan tanpa kendala, serta menerima hasil PSU ini dengan lapang dada sehingga dapat dinyatakan tuntas.

“Selanjutnya, kita akan fokus menghadapi Pilkada di Payakumbuh. Mari kita bersatu dan bekerja sama untuk mewujudkan Pilkada yang badunsanak di Kota Payakumbuh tahun 2024,” tutupnya.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Payakumbuh, Wizri Yasir, menyebutkan bahwa seluruh proses pelaksanaan PSU di Kota Payakumbuh berjalan aman dan lancar, serta keputusan dapat diterima oleh Bawaslu Kota Payakumbuh dan saksi calon DPD.

“Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut mensukseskan pelaksanaan PSU MK di Kota Payakumbuh,” katanya.

Namun, Wizri Yasir mencatat adanya penurunan partisipasi pemilih dalam PSU ini dibandingkan Pemilu Februari lalu.

Dari 102.468 pemilih DPT Kota Payakumbuh, hanya 32.399 pemilih yang menggunakan hak pilihnya atau sekitar 31 persen.

Berdasarkan hasil rekapitulasi KPU Kota Payakumbuh, Nurkhalis memimpin dengan perolehan suara terbanyak dengan jumlah suara mencapai 8.401, Posisi kedua diraih oleh Jelita Donal dengan jumlah suara mencapai 7.280.

Posisi ketiga diraih oleh Muslim M. Yatim dengan perolehan suara sebanyak 5.476. Sedangkan Irman Gusman berada diposisi keempat dengan raihan suara sebanyak 3.508. Sedangkan Cerint Iralloza Tasya berada di posisi kelima dengan raihan suara sebesar 2.507.

Sementara calon petahana, Emma Yohana berada diposisi keenam dengan raihan suara sebanyak 1.117.

Berikut adalah hasil perolehan suara PSU MK Calon Anggota DPD Provinsi Sumatera Barat (sesuai nomor urut):

  1. Abdul Aziz: 615
  2. Cerint Iralloza Tasya: 2.507
  3. Desrio Putra: 298
  4. Derri Uzhzhulam: 329
  5. Emma Yohanna: 1.117
  6. Hendra Irwan Rahim: 528
  7. Irman Gusman: 3.508
  8. Jelita Donal: 7.280
  9. Jhoni Afrizal: 150
  10. Leonardy Harmainy Bandaro Basa: 487
  11. Mevrizal: 165
  12. Muslim M Yatim: 5.476
  13. Nurkhalis: 8.401
  14. Yonder WF Alvarent: 223
  15. Yong Hendri: 136
  16. Yuri Hadiah: 563

“Dari hasil perolehan suara masing-masing calon, jumlah suara sah adalah 31.783 dan suara tidak sah 616,” pungkasnya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait