Posyandu Afdeling Bravo Nagari Tiku V Jorong Wakili Agam dalam Penilaian Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar

Posyandu Afdeling Bravo Nagari Tiku V Jorong Wakili Agam dalam Penilaian Kader Posyandu Berprestasi Tingkat Sumbar

TOPSUMBAR – Posyandu Afdeling Bravo dari Nagari Tiku V Jorong, Kabupaten Agam, mewakili daerah tersebut dalam penilaian Kader Posyandu Berprestasi tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Diketahui, Nagari Tiku V Jorong memiliki 24 Posyandu, dengan 13 di antaranya berlokasi di lingkungan PT Mutiara Agam.

Sejak tahun 2022, PT Mutiara Agam telah aktif memberikan bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) sebesar Rp 3.500 per anak, ibu hamil, dan Posyandu.

Bacaan Lainnya

Manajemen PT Mutiara Agam juga berperan penting dalam mendukung kegiatan Posyandu dengan mengumumkan jadwal Posyandu saat apel pagi, mengarahkan pekerja wanita untuk hadir di Posyandu, memantau hasil kegiatan Posyandu, serta memberikan bantuan sembako bagi keluarga dengan balita stunting.

Selain itu, Posyandu Afdeling Bravo juga telah meluncurkan berbagai inovasi seperti, KOTAK SI RELA (Kotak Donasi Sukarela) yang digunakan untuk membeli perlengkapan Posyandu dan mendukung kegiatan ulang tahun bersama.

Kemudian ada MEGA MANIS (Memanfaatkan TOGA untuk Pencegahan Penyakit Kronis), di mana kader Posyandu menggerakkan masyarakat untuk menanam dan memanfaatkan tanaman obat keluarga (TOGA) di pekarangan Posyandu.

Inovasi lainnya adalah KAMI JADIH (Kami Jaga, Kami Asuh, Kami Didik dan Kami Latih) yang mengintegrasikan Posyandu dengan PAUD dan berfungsi sebagai tempat penitipan anak bagi ibu yang bekerja di PT Mutiara Agam.

Terakhir, KOLABORASI (Kolam Ikan Bravo Berpenghasilan), di mana hasil kolam ikan Afdeling Bravo digunakan untuk PMT Posyandu dan dijual kepada ibu-ibu di kompleks perumahan Afdeling Bravo.

Dalam sambutannya, Bupati Agam yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra, Rahman SIP, memberikan apresiasi kepada para kader Posyandu atas usaha mereka dalam meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Bupati juga mendorong para kader dan masyarakat untuk menggerakkan swadaya kelompok serta berperan aktif dalam mendukung setiap kegiatan yang diadakan oleh masyarakat maupun pemerintah Nagari.

“Mari manfaatkan pekarangan dengan tanaman yang bermanfaat dan jangan biarkan ada lahan kosong. Teruslah melahirkan inovasi sebagai daya tarik, motivasi, dan peningkatan kualitas,” ajak Bupati.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait