Polda Sumbar Keluarkan Ribuan Tilang dalam Enam Hari Operasi Patuh Singgalang 2024

Polda Sumbar Keluarkan Ribuan Tilang dalam Enam Hari Operasi Patuh Singgalang 2024

TOPSUMBAR – Dalam upaya meningkatkan keamanan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas, Polda Sumbar menggelar Operasi Patuh Singgalang 2024.

Hingga hari keenam operasi ini, ribuan tilang telah dikeluarkan oleh jajaran lalu lintas di wilayah hukum Polda Sumbar kepada para pelanggar.

“Memasuki hari ke-6 Operasi Patuh Singgalang 2024, kita sudah melakukan penindakan berupa Tilang baik ETLE Statis, ETLE Mobile dan Tilang Manual sebanyak 1.626 Tilang,” ucap Kombes Pol Dwi Nur Setiawan, S.Ik, melalui Kabag Ops Ditlantas AKBP Agung Pranajaya, S.Ik, pada Sabtu 20 Juli 2024

Bacaan Lainnya

Tilang tersebut diberikan kepada pengendara yang terlihat melanggar aturan lalu lintas secara kasat mata, seperti tidak menggunakan helm, melawan arus, dan menggunakan knalpot yang tidak sesuai spesifikasi.

Selain penindakan tegas berupa tilang, AKBP Agung menyatakan pihaknya juga memberikan 3.493 teguran kepada pengendara yang belum tertib berlalu lintas.

“Kami juga lakukan peneguran sebanyak 3.493 teguran. Tetapi lebih banyak kegiatan preemtif dari pada gakkum. Perbandingan, 40 preemtif, 40 preventif, gakkum atau penilangan hanya 20 persen,” jelasnya.

Sebagai Wakaopsda Ops Patuh Singgalang, AKBP Agung menjelaskan bahwa Operasi Patuh Singgalang 2024 dilaksanakan untuk menurunkan angka pelanggaran dan kecelakaan, serta meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Upaya menekan angka kecelakaan dilakukan dengan kegiatan preemtif berupa pendidikan kepada masyarakat melalui berbagai media.

“Kami berikan edukasi melalui media cetak, media elektronik, media sosial (Facebook, Twitter, Instagram, dan Website) serta pemasangan spanduk, leaflet, stiker, dan billboard,” tambahnya.

Polda Sumbar juga melakukan sosialisasi di sekolah-sekolah untuk memberikan edukasi berlalu lintas sejak usia dini, dengan harapan dapat mengurangi angka dan fatalitas kecelakaan lalu lintas.

Selain itu, kampanye tertib berlalu lintas juga dilakukan, seperti yang telah dilaksanakan di Simpang Jamria Padang pada Jumat, 19 Juli 2024 lalu.

“Kami berencana akan melakukan kampanye serupa dalam waktu dekat,” ucapnya.

“Ayo, dunsanak semua, mari kita wujudkan budaya tertib berlalu lintas dan jauhi pelanggaran lalu lintas demi keselamatan,” imbaunya menambahkan.

(Riko)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait