PKS dan Gerindra Usung Mahyeldi-Vasko untuk Pilgub Sumbar 2024

PKS dan Gerindra Usung Mahyeldi-Vasko untuk Pilgub Sumbar 2024

TOPSUMBAR – Pemilihan Gubernur Sumatera Barat (Pilgub Sumbar) 2024 semakin jelas dengan diterbitkannya Surat Keputusan (SK) dari dua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik, yakni Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

SK yang ditandatangani pada awal Juli 2024 ini menetapkan Mahyeldi Ansharullah dan Vasko Ruseimy sebagai pasangan calon yang akan diusung dalam Pilgub Sumbar.

Ketua DPD Partai Gerindra Sumbar, H. Andre Rosiade, pada Jumat, 12 Juli 2024, mengumumkan bahwa DPP Partai Gerindra dan DPP PKS telah resmi mengusung Mahyeldi dan Vasko sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar untuk pemilihan pada 27 November 2024 mendatang.

Bacaan Lainnya

“Alhamdulillah, Gerindra dan PKS telah mengeluarkan surat rekomendasi untuk pasangan Mahyeldi-Vasko. Insya Allah, pasangan ini sangat cocok dan saling melengkapi dalam membangun Sumbar lima tahun ke depan,” ujar Andre, yang juga merupakan Anggota DPR RI asal Sumbar.

Andre menjelaskan bahwa Mahyeldi adalah kader senior PKS yang telah menjabat sebagai Gubernur Sumbar selama satu periode.

Sementara itu, Vasko adalah kader muda Gerindra dengan banyak talenta yang diharapkan dapat berkontribusi signifikan dalam pembangunan Sumbar.

Menurut Andre, pasangan ini diperkirakan akan mendapat dukungan kuat dari masyarakat Sumbar.

“Keputusan ini diambil setelah melalui kajian yang matang dari kedua partai, serta diskusi antarpengurus DPP hingga ke tingkat Sumbar. Beberapa survei juga telah dilakukan sebelum dikeluarkannya SK. Insya Allah, Mahyeldi-Vasko adalah pilihan tepat untuk Sumbar dan akan memenangkan Pilkada Sumbar,” tambahnya.

Diketahui, DPP Partai Gerindra menerbitkan SK Nomor: 07-1005/Rekom/DPP-GERINDRA/2024 terkait rekomendasi bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2024-2029, yang ditandatangani oleh Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, dan Sekjen Ahmad Muzani pada 11 Juli 2024.

Selain itu, PKS juga mengeluarkan SK Nomor: 628.3.C-1/SKEP/DPP-PKS/2024 tentang bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar periode 2024-2029, yang ditandatangani oleh Presiden PKS, Ahmad Syaiku dan Sekjen, Aboe Bakar Alhabsy.

Andre Rosiade menegaskan bahwa saat ini fokus kedua partai adalah memenangkan pasangan Mahyeldi-Vasko pada pemilihan nanti.

“Semua unsur diminta untuk bekerja keras memenangkan pasangan ini, mulai dari tingkat provinsi hingga ke tingkat ranting di nagari dan jorong-jorong di Sumbar. Semua optimis dengan pasangan ini,” kata Anggota Komisi VI DPR ini.

Koalisi PKS dan Gerindra telah memenuhi syarat minimal jumlah kursi di DPRD Sumbar untuk mendaftarkan pasangan calon, yaitu 13 kursi. Kedua partai ini menjadi pemenang Pemilu dengan masing-masing 10 kursi.

Sementara itu, koalisi PKS-Gerindra pernah memenangkan Pilgub Sumbar 2015 dengan mengusung Irwan Prayitno dari PKS dan Nasrul Abit dari Gerindra. Meskipun pada Pilgub 2020 mereka berpisah, dengan Mahyeldi dari PKS yang mengalahkan Nasrul Abit, koalisi ini kembali bersatu untuk Pilgub 2024.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait