Pj Wali Kota Payakumbuh: Jadikan Peringatan Tahun Baru Islam Ini sebagai Momentum Muhasabah Diri

Pj Wali Kota Payakumbuh Jadikan Peringatan Tahun Baru Islam Ini sebagai Momentum Muhasabah Diri

TOPSUMBAR – Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh, Ir. Suprayitno, MA, menghadiri acara tabligh akbar dan dzikir bersama dalam rangka menyambut Tahun Baru Hijriah 1 Muharram 1446 H di halaman Balai Kota Payakumbuh pada Sabtu sore, 6 Juli 2024.

Kegiatan yang diadakan oleh Pemerintah Kota (Pemko) dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Payakumbuh tersebut mengusung tema “Dengan Semangat Tahun Baru Hijriyah, Kita Perkuat Persaudaraan Dalam Mewujudkan Payakumbuh yang Religius”.

“Kami dari Pemko mengapresiasi PHBI Payakumbuh atas penyelenggaraan acara tabligh akbar dan dzikir bersama ini,” ucap Suprayitno.

Bacaan Lainnya

Ia menekankan bahwa 1 Muharram merupakan momen yang sangat dinantikan oleh umat Islam untuk bermuhasabah diri.

“Sebagai kota yang kental dengan nuansa Islam, mari kita jadikan momen pergantian tahun Hijriah ini sebagai kesempatan untuk bersyukur atas segala yang telah Allah berikan kepada kita,” lanjutnya.

Dalam menyusun Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Payakumbuh, Pemko menunjukkan komitmennya dengan mencantumkan nilai Adat Basandi Syara Syara Basandi Kitabullah.

“Semoga kita semua dapat memajukan Kota Payakumbuh dengan memanfaatkan berbagai potensi dan nilai-nilai Islamiyah yang ada di sini,” ungkapnya.

“Ayo kita bangun Kota Payakumbuh dengan semangat kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah yang kokoh agar Payakumbuh semakin cemerlang,” ajaknya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Payakumbuh, H. Joben, berharap agar kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap agama Islam.

“Kita akan menjalani kehidupan di dunia dan akhirat dengan berbekal ajaran Islam. Perjalanan panjang itu hanya bisa ditempuh jika kita berpegang teguh kepada Al-Quran dan sunnah,” ujarnya.

Ketua PHBI Kota Payakumbuh, Drs. H. Rudi Noviardi, menyampaikan terima kasih kepada Pemko yang telah menyediakan sarana dan prasarana demi kelancaran acara tersebut.

“Semoga kecintaan dan ketaatan kita kepada ajaran agama Islam semakin bertambah melalui peringatan 1 Muharram ini,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan ceramah oleh Sekretaris MUI Payakumbuh, Ustadz Hanan Putra, Lc, MA, dan dzikir bersama yang dipimpin oleh Ketua Barisan Muda BKMT Sumatera Barat, Ustadz Darno Efendi, S.Pd.I, M.Pd.

Para jamaah juga mengikuti shalat maghrib berjamaah di halaman Balai Kota Payakumbuh yang diimami oleh Pimpinan Ponpes Tahfizul Quran Asy Syifa Payakumbuh, Ilham Maulana.

Hadir dalam acara tersebut Forkopimda Payakumbuh, Asisten I dan II, jajaran Kemenag, jajaran PHBI, pimpinan organisasi Islam, guru TPQ dan MDTA, penyuluh agama, serta jamaah tabligh akbar dan dzikir bersama se-Kota Payakumbuh.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait