Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024, Prosesi Maarak Jari-Jari Meriahkan Kota Pariaman

Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024, Prosesi Maarak Jari-Jari Meriahkan Kota Pariaman

TOPSUMBAR – Prosesi Maarak Jari-jari yang merupakan bagian dari rangkaian acara Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 berlangsung meriah pada Minggu malam, 14 Juli 2024.

Acara ini digelar di Simpang Tugu Tabuik Pariaman dan berhasil menarik ratusan pengunjung yang antusias menyaksikan pertunjukan.

Arak-arakan yang dimeriahkan dengan pertunjukan gandang tasa dari kedua kelompok anak nagari, Tabuik Subarang dan Tabuik Pasa, menambah semarak suasana.

Bacaan Lainnya

Pengunjung yang hadir ikut terhibur oleh irama gandang tasa yang dimainkan oleh kedua kelompok tersebut.

“Rangkaian kegiatan Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 hari ini adalah Prosesi Maarak Jari-jari, yang dilaksanakan bertepatan dengan 7 Muharam 1446 H,” ujar Ketua Pelaksana Tabuik Pariaman 2024, Firman Syakri Pribadi pada Minggu, 14 Juli 2024.

Firman Syakri Pribadi, yang akrab disapa Ajo Fe, menjelaskan bahwa Prosesi Maarak Jari-jari melibatkan kedua kelompok yang mengarak replika jari-jari sambil memainkan gandang tasa dan tabuik kecil.

Puncak acara ini adalah perselisihan simbolis atau basalisiah antara anak nagari Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang.

“Prosesi Maarak Jari-jari ini dimulai setelah maghrib. Sebelumnya, kedua anak tabuik dari Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang sudah bersiap-siap dari rumah tabuik masing-masing dengan perlengkapannya untuk menuju Tugu Tabuik, tempat berkumpulnya atau basilisih antara kedua anak nagari tersebut,” jelas Ajo Fe.

Setelah Prosesi Maarak Jari-jari, rangkaian acara selanjutnya adalah Prosesi Maarak Sarabon, Tabuik Naik Pangkek, dan puncak acara Pesona Budaya Tabuik yaitu Tabuik dibuang ke laut yang akan dilaksanakan pada 21 Juli 2024 mendatang.

Ajo Fe berharap bahwa gelaran Pesona Budaya Tabuik Piaman tahun ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan baik dari dalam negeri maupun mancanegara.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait