Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 Dimulai dengan Prosesi ‘Maambiak Tanah’

Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 Dimulai dengan Prosesi 'Maambiak Tanah'

TOPSUMBAR – Pada tanggal 1 Muharram 1446 Hijriyah, rangkaian acara Pesona Budaya Tabuik Piaman 2024 resmi dimulai dengan prosesi “Maambiak Tanah.”

Prosesi ini menjadi langkah awal dari serangkaian kegiatan budaya yang berlangsung di Kota Pariaman, dan dilaksanakan di dua tempat berbeda.

Tabuik Subarang melaksanakan prosesi di aliran sungai Batang Piaman di Desa Pauh Timur, sementara Tabuik Pasa melaksanakan prosesi di aliran sungai kecil di Kelurahan Alai Galombang, yang keduanya berada di Kecamatan Pariaman Tengah.

Bacaan Lainnya

“Maambiak Tanah” merupakan prosesi mengambil tanah dari dasar sungai dengan cara menyelam. Seluruh tubuh masuk ke dalam sungai untuk mengambil tanah yang ada di dasar sungai.

Tanah tersebut kemudian dimasukkan ke dalam belangga, dibungkus dengan kain putih, dan diletakkan di dalam baki yang telah disediakan.

Selanjutnya, tanah yang telah diletakkan di dalam baki diarak menuju rumah tabuik masing-masing dengan nyala obor atau lentera yang dibawa oleh anak-anak Tabuik, untuk ditempatkan di Daraga yang sudah disiapkan di setiap rumah tabuik.

Prosesi Maambiak Tanah melambangkan bahwa manusia berasal dari tanah dan akan kembali ke tanah, serta tanah yang diambil melambangkan kesucian manusia.

Ketua Tabuik Pasa, Indra Jaya, menjelaskan bahwa rangkaian acara Tabuik dimulai pada hari Minggu, 7 Juli 2024, dengan prosesi maambiak tanah.

Prosesi tersebut akan berlangsung hingga puncaknya pada prosesi Tabuik Naik Pangkek, Hoyak Tabuik, dan Tabuik dibuang ke laut pada tanggal 21 Juli 2024 mendatang, yang bertepatan dengan 15 Muharram 1446 H.

“Sore ini, Pesona Tabuik Budaya Piaman 2024 dimulai dengan prosesi pertama yaitu Maambiak Tanah, yang dilakukan oleh dua anak nagari, Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang, bertepatan dengan 1 Muharram 1446 Hijriah,” ujar Indra Jaya dikutip dari laman Media Center Dinas Kominfo Kota Pariaman pada Senin, 8 Juli 2024.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait