Perpustakaan SDN 06 Tanah Garam Hadirkan Inovasi Cafe Baca untuk Siswa

Perpustakaan SDN 06 Tanah Garam Hadirkan Inovasi Cafe Baca untuk Siswa

TOPSUMBAR – Perpustakaan SDN 06 Tanah Garam meluncurkan inovasi terbaru bernama Cafe Baca untuk mendukung proses belajar siswa secara mandiri.

Fasilitas ini dirancang sebagai pusat belajar yang menyediakan beragam sumber belajar, perangkat, dan aktivitas yang komunikatif.

Cafe Baca menawarkan buku, koran, dan majalah dengan tema-tema seperti sejarah dan keterampilan hidup, yang dapat memperluas wawasan siswa serta menjadi sumber inspirasi bagi orang tua mereka.

Selain itu, fasilitas ini juga menyediakan Wi-Fi gratis dan air minum untuk kenyamanan orang tua yang menunggu anak-anak mereka.

Tidak hanya berfungsi sebagai perpustakaan, Cafe Baca juga berperan sebagai tempat rekreasi bagi siswa dan warga sekolah.

Fasilitas ini dilengkapi dengan permainan mendidik seperti catur, congklak, dan puzzle.

Desain ruangan juga telah disesuaikan dengan standar tata letak yang aman dan nyaman, dilengkapi dengan meja, rak sepatu, dan rak buku yang rapi.

“Dengan adanya Cafe Baca, kami berharap dapat memberikan manfaat lebih, khususnya dalam menunjang kebutuhan siswa dalam mengerjakan tugas dari guru, serta membantu memenuhi kebutuhan pengetahuan siswa, guru, dan warga sekolah lainnya untuk memperoleh informasi,” ujar Kepala Sekolah SDN 06 Tanah Garam, Ermalinda, S.Pd, pada Selasa 2 Juli 2024.

Selain itu, Cafe Baca juga memiliki English Corner, yang menyediakan koleksi bahan bacaan dalam bahasa Inggris.

Untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris siswa, Cafe Baca juga menawarkan berbagai permainan seperti Slot Game, Word Search, Word Category, dan Scrabble.

Dengan kehadiran Cafe Baca, diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam membentuk karakter siswa dengan minat baca yang tinggi, membangun aktivitas yang komunikatif, mandiri, dan memiliki rasa empati.

(GRA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait