Peringatan HKG PKK ke-52 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XXI Tahun 2024 di Sumatera Barat

Peringatan HKG PKK Ke-52 dan Pembukaan Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XXI Tahun 2024 di Sumatera Barat

TOPSUMBAR – Acara Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 diselenggarakan di Lapangan Utama Alahan Panjang Resort, Kabupaten Solok pada Rabu, 17 Juli 2024.

Selain peringatan HKG PKK ke-52, acara tersebut juga bertepatan dengan pembukaan Jambore Kader PKK Berprestasi ke-XXI Tahun 2024 Tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Acara ini dihadiri oleh Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, Bupati Solok, Epyardi Asda, serta para Bupati/Wali kota se-Sumatera Barat.

Bacaan Lainnya

Hadir pula Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Fitria Amelia Audy Joinaldy, Ketua TP-PKK Kabupaten Solok, Ny. Emiko Epyardi Asda, serta para pimpinan organisasi dan tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Bupati Solok, Epyardi Asda mengucapkan selamat datang kepada Gubernur dan seluruh kepala daerah se-Sumatera Barat serta hadirin lainnya di Kabupaten Solok.

Ia menyampaikan rasa bangga menjadi tuan rumah kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi tahun ini dan berharap seluruh peserta dapat menikmati keindahan alam Kabupaten Solok.

“Selamat datang kepada Gubernur Sumbar serta Kepala Daerah se-Sumbar, dan para hadirin yang datang pada hari ini. Kami merasa senang dan bangga dapat menjadi tuan rumah dalam kegiatan Jambore Kader PKK Berprestasi tahun ini. Selamat berlomba dan selamat menikmati keindahan alam di Kabupaten Solok Nan Indah ini,” ucapnya.

Selin itu, Bupati juga memberikan apresiasi kepada Ketua TP-PKK Kabupaten Solok dan jajaran yang telah mempersiapkan acara dengan baik.

“PKK merupakan organisasi penting yang hadir di tengah masyarakat untuk pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga,” ujarnya.

“Melalui 10 Program Pokok PKK, kita berharap dapat membimbing serta membantu masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya,” tambahnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny. Harneli Mahyeldi, mengucapkan terima kasih kepada seluruh Ketua dan Kader PKK di Sumatera Barat atas partisipasi mereka dalam mensukseskan Jambore Kader PKK Berprestasi.

“Melalui peringatan HKG PKK Ke-52 dan Jambore Kader PKK Berprestasi ke-21 ini, kita sinergikan gerakan PKK untuk bergerak bersama mewujudkan keluarga sejahtera menuju Indonesia maju,” ucapnya.

Jambore ini, lanjutnya, merupakan bentuk apresiasi dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kepada para kader PKK yang berprestasi serta kesempatan untuk menjalin silaturahmi.

“Jambore PKK ini dilaksanakan dari tanggal 16-18 Juli 2024 di Alahan Panjang Negeri Dingin tanpa Salju ini tepatnya di Alahan Panjang Resort, Kabupaten Solok. Terdapat 15 Kabupaten/Kota yang mengikuti lomba pada tahun ini.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, dalam sambutannya juga mengungkapkan kebanggaannya atas penyelenggaraan Jambore di Alahan Panjang Resort, Kabupaten Solok, yang dikenal memiliki banyak danau.

Mahyeldi juga mengapresiasi prestasi Kabupaten Solok di bawah kepemimpinan Bupati, Epyardi Asda dalam berbagai bidang, termasuk pembangunan dan kesehatan.

“Kader PKK berperan penting dalam penguatan keluarga dan berkontribusi besar dalam pembangunan daerah,” tegasnya.

“Kita berharap, 10 Program Pokok PKK dapat dimiliki oleh seluruh kader dan masyarakat Sumatera Barat untuk menghadirkan kesejahteraan dan peningkatan ekonomi,” tutupnya.

Acara dilanjutkan dengan pemukulan gendang sebagai tanda dibukanya Jambore Kader PKK Berprestasi Ke-XXI Tahun 2024 oleh Gubernur, Bupati Solok, Ketua TP-PKK Provinsi, Wakil Ketua TP-PKK Provinsi, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok.

Kemudian, piala bergilir Jambore Kader PKK Berprestasi Tingkat Provinsi Sumatera dari TP-PKK Kabupaten Solok diserahkan kembali kepada TP-PKK Provinsi Sumatera Barat.

Pembukaan tersebut diakhiri dengan pemotongan nasi kunyit oleh Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat sebagai simbol Peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-52.

Pada kesempatan tersebut, diumumkan pula pemenang lomba Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Tingkat Provinsi Sumatera Barat dengan lima kategori yakni, Nagari Koto Gaek Guguak dari Kabupaten Solok.

Nagari Koto Gaek Guguak berhasil meraih prestasi di seluruh cabang lomba, termasuk Harapan 1 Lomba Kelembagaan dan Tertib Administrasi PKK, Juara 1 Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja Era Digital, Juara 2 Lomba Kampung Mandiri, Juara 3 Lomba Kawasan Hatinya PKK, dan Juara 3 Lomba PHBS Plus.

(BY)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait