Percepat Penanganan Bencana, Gubernur Sumbar Temui BNPB Pusat

Percepat Penanganan Bencana, Gubernur Sumbar Temui BNPB Pusat

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah, bersama jajaran pemerintah daerah, melakukan kunjungan ke Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Jakarta pada Jumat, 19 Juli 2024.

Kunjungan ini bertujuan untuk mempercepat penanganan dampak bencana yang melanda beberapa daerah di Sumatera Barat awal tahun ini.

Pada kunjungan itu, Mahyeldi disambut langsung oleh Deputi Rehabilitasi dan Rekonstruksi (Deputi RR) BNPB, Jarwansyah.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan tersebut, Mahyeldi dan timnya membahas dua topik utama yakni, percepatan penanganan dampak bencana di Sumbar dan peluang pendanaan untuk penanganan bencana tersebut.

“Pertemuan ini membahas upaya percepatan penanganan bencana seperti banjir bandang dan longsor yang terjadi di Kabupaten Pesisir Selatan, Agam, Padang Panjang, dan Tanah Datar. Kami juga mengeksplorasi kemungkinan pendanaan untuk mendukung upaya penanganan ini,” ujar Mahyeldi setelah pertemuan.

Mahyeldi menjelaskan bahwa pendanaan untuk penanganan bencana akan diusulkan melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), dengan dukungan dari BNPB dalam bentuk Dana Siap Pakai (DSP) dan surat rekomendasi kepada kementerian terkait.

“Dukungan dari BNPB akan sangat membantu, terutama dalam bentuk pemanfaatan Dana Siap Pakai dan rekomendasi resmi kepada kementerian. Kami juga akan segera menugaskan OPD terkait untuk berkoordinasi dengan BNPB agar proses ini berjalan lancar,” tambah Mahyeldi.

Selain itu, Mahyeldi menegaskan pentingnya penanganan cepat terhadap bencana, mengingat dampaknya yang luas pada pemukiman, irigasi, dan kebutuhan pangan masyarakat. Ia berharap upaya ini dapat mencegah terjadinya krisis lebih lanjut.

Dalam kunjungan tersebut, Mahyeldi didampingi oleh sejumlah pejabat Pemprov Sumbar, termasuk Plt. Kepala Dinas PSDABK Liwanto, Kalaksa BPBD Rudy Rinaldi, Kepala Dinas BMCKTR Era Sukma Munaf, Kepala Dinas PERKIMTAN Rifda Suriani, dan Kepala Biro Adpim Mursalim.

(adpsb/busan)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait