Pengembangan Pertanian, Jalan Usaha Tani di Nagari Guguak VIII Koto Diresmikan Bupati Lima Puluh Kota

Pengembangan Pertanian, Jalan Usaha Tani di Nagari Guguak VIII Koto Diresmikan Bupati Lima Puluh Kota

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, meresmikan jalan usaha tani yang berada di Nagari Guguak VIII Koto pada Senin, 15 Juli 2024.

Jalan usaha tersebut dibiayai menggunakan Dana Desa (DDS) tahun 2024 di Nagari Guguak VIII Koto, Kecamatan Guguak.

Bupati berharap jalan usaha tani tersebut dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat sekitar, khususnya dalam memperlancar pengangkutan sarana produksi ke lahan pertanian, serta membawa hasil produksi pertanian dari lahan ke pasar.

Bacaan Lainnya

“Program ini merupakan bagian dari upaya pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur secara bertahap sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD),” ujar Safaruddin.

Selain itu, Safaruddin juga menegaskan pentingnya memperhatikan skala prioritas dalam pembangunan.

Fokusnya adalah pada kebutuhan mendesak yang bermanfaat bagi banyak orang, seperti akses pendidikan dan kemudahan transportasi hasil pertanian.

“Jalan usaha tani memiliki peran penting dalam meningkatkan produktivitas pertanian, mempermudah transportasi hasil pertanian, serta meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat di sekitar lahan pertanian,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Nagari VIII Koto, Mulyadi, menjelaskan bahwa pembangunan jalan usaha tani ini bermula dari pematang sawah.

Jalan tersebut menghubungkan Jorong Balai Talang, Jorong Pincuran Batuang, dan Jorong Ketinggian.

“Jalan sepanjang 166 meter dengan lebar 3 meter ini dibangun menggunakan Dana Desa (DDS) tahun 2024 dengan total biaya Rp 384.764.400 dan masa pengerjaan 120 hari, dikerjakan oleh TPK Jorong Pincuran Batuang,” jelas Mulyadi.

Mulyadi berharap bahwa jalan usaha tani yang telah selesai ini dapat mempermudah berbagai aktivitas, termasuk usaha tani dan akses pendidikan.

Warga setempat, seperti Fitria dan Afroza, yang merupakan kader Posyandu dan Bundo Kanduang, juga mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas peresmian jalan yang mempermudah jalur transportasi dan usaha tani masyarakat.

Pada kesempatan yang sama, Safaruddin juga melakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan Panti Asuhan dan Lembaga Pendidikan Islam Nur Animar Djamil, berkat bantuan donatur perantau, Arfan, dari Manado.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait