Pemko Payakumbuh dan Hipermi Bersinergi Tingkatkan Pemasaran Rendang

Pemko Payakumbuh dan Hipermi Bersinergi Tingkatkan Pemasaran Rendang

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh berkomitmen untuk berkolaborasi dengan Himpunan Pengusaha Rendang Minangkabau (Hipermi) dalam upaya memperluas pasar rendang, termasuk meningkatkan ekspor.

“Pemko Payakumbuh akan bekerja sama dengan Hipermi untuk mendukung keberlanjutan industri rendang dan memperluas pasarnya, terutama di pasar ekspor,” ujar Pj Wali Kota Payakumbuh, Suprayitno dalam diskusi dengan Pengurus Hipermi pada Jumat, 19 Juli 2024 malam.

Suprayitno menekankan pentingnya dukungan dari pemerintah terhadap inisiatif dan rencana yang diajukan oleh Hipermi, mengingat Payakumbuh dikenal sebagai Kota Rendang.

Bacaan Lainnya

“Kita harus bergerak bersama dan memaksimalkan fasilitas yang kita miliki. Kita harus mendukung semangat Hipermi agar kita tidak hanya menjadi penonton,” katanya.

Untuk itu, lanjut Suprayitno, Pemko Payakumbuh dan Hipermi perlu menyusun langkah-langkah konkret guna memastikan keberlanjutan dan peningkatan pasar rendang dari Payakumbuh.

“Seperti yang diharapkan oleh Hipermi untuk menjadi pemasok rendang haji tahun 2025, Pemko Payakumbuh harus mencari cara untuk mendukung agar hal ini bisa terwujud,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Hipermi, Fibrianti Takarina, berharap agar pada tahun depan rendang untuk jamaah haji dapat dipasok dari Sumatera Barat.

“Payakumbuh sebagai Kota Rendang tentunya memegang peranan penting. Kami sangat membutuhkan dukungan dari Pemko Payakumbuh untuk mencapai tujuan ini,” ujar Fibrianti.

Ia juga menyampaikan bahwa Sentra Randang Payakumbuh telah berkontribusi signifikan terhadap perkembangan pengusaha rendang di kota tersebut.

“Saat ini, masa kadaluarsa produk rendang kami bisa mencapai 1,5 hingga dua tahun, berkat dukungan dari Pemko Payakumbuh dan Sentra Randang,” jelasnya.

Fibrianti juga menambahkan bahwa target jangka panjang Hipermi adalah memproduksi rendang dengan bahan-bahan organik.

“Dengan bahan organik, kita bisa membantu mengatasi masalah limbah. Tentu ini perlu persiapan yang matang,” ujarnya.

Turut hadir dalam acara tersebut adalah Asisten III Ifon Satria Chan, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Yunida Fatwa, Kepala Disdukcapil Wal Asri, Kepala Dinas Pertanian Depi Sastra, dan pengurus Hipermi.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait