Pemko Bukittinggi Luncurkan Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer 2024

Pemko Bukittinggi Luncurkan Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer 2024

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota (Pemko) Bukittinggi secara resmi meluncurkan Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer (ILP) untuk tahun 2024.

Acara peluncuran ini diadakan di Balcone Hotel pada Kamis, 31 Juli 2024 dan dihadiri oleh berbagai perwakilan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait yang turut menandatangani komitmen bersama.

Sekretaris Daerah (Sekda) Bukittinggi, Martias Wanto, mewakili Wali Kota Bukittinggi, menyampaikan tekad pemerintah kota untuk meningkatkan layanan kesehatan masyarakat melalui program ini.

Bacaan Lainnya

“Pemko Bukittinggi berkomitmen untuk terus memperbaiki kualitas layanan kesehatan dengan dukungan dari pemerintah provinsi dan pusat. Program Integrasi Layanan Kesehatan Primer ini adalah langkah konkret dalam mencapai tujuan tersebut,” ungkap Martias Wanto.

Martias menambahkan bahwa meskipun investasi dalam bidang kesehatan tidak selalu menunjukkan hasil instan, manfaatnya akan dirasakan oleh masyarakat dalam jangka panjang.

“Peluncuran program ini adalah bagian dari misi Wali Kota untuk menciptakan layanan kesehatan yang unggul dan memastikan bahwa setiap lapisan masyarakat mendapatkan akses ke layanan kesehatan yang optimal,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Bukittinggi, Linda Faroza, menjelaskan bahwa Program ILP bertujuan untuk mensosialisasikan dan mengimplementasikan integrasi layanan kesehatan primer di seluruh kota.

“Program ini akan diterapkan mulai dari tingkat kecamatan dan kemudian meluas ke tingkat desa atau kelurahan, melalui fasilitas kesehatan seperti Puskesmas Pembantu (Pustu),” ujarnya.

Dengan penerapan ILP di berbagai fasilitas kesehatan, termasuk puskesmas, pustu, dan posyandu, diharapkan dapat dilakukan skrining kesehatan secara menyeluruh untuk semua kelompok usia.

Ini bertujuan untuk deteksi dini berbagai penyakit, yang pada akhirnya akan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bukittinggi secara keseluruhan.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait