Pemerintah Lima Puluh Kota Dukung Inovasi Pengelolaan Sampah oleh Mahasiswa KKN Unand

Pemerintah Lima Puluh Kota Dukung Inovasi Pengelolaan Sampah oleh Mahasiswa KKN Unand

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, menyambut kedatangan mahasiswa KKN Universitas Andalas (Unand) Padang di ruang kerjanya pada Senin, 29 Juli 2024 di Sarilamak.

Pertemuan ini juga dihadiri oleh Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah, Syukraldi Arlen, dan Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Yuniwal.

Diketahui, Mahasiswa KKN Unand Padang akan melaksanakan program di Nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Lima Puluh Kota, dengan fokus pada pengelolaan sampah.

Bacaan Lainnya

Salah satu alternatif pengolahan sampah yang mereka usulkan adalah menggunakan bambu yang tumbuh di nagari tersebut untuk mengolah sampah menjadi kompos atau bahan bakar briket.

“Metode inovasi ini memungkinkan masyarakat untuk mengolah sampah tanpa mengeluarkan biaya besar, meskipun memerlukan upaya tambahan dalam memilah sampah organik dan plastik,” ungkap Safaruddin.

Bahan-bahan organik dari sampah selama ini belum dikelola dan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Padahal, sampah organik ini memiliki potensi besar untuk diubah menjadi barang yang berguna dan bernilai ekonomi tinggi.

Safaruddin menekankan pentingnya ide-ide inovatif dari mahasiswa KKN untuk melibatkan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi keluarga.

“Oleh karena itu, penting untuk menerapkan pengelolaan yang efektif agar sampah organik dapat diubah menjadi produk yang bermanfaat dan bernilai ekonomis. Sampah organik bisa diproses menjadi berbagai produk seperti pupuk organik, biogas, arang briket, pakan ikan atau ternak, kerajinan tangan, serta eco enzyme,” tambahnya.

Ketua KKN Unand, Dafa Fakri, melaporkan bahwa kegiatan KKN ini berlangsung dari 9 Juli hingga 19 Agustus 2024 di Nagari Suayan, Kecamatan Akabiluru.

Program ini diikuti oleh 28 mahasiswa dengan tujuan menerapkan IPTEK dan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, termasuk kelompok tani dan ternak.

“Terima kasih kepada Bupati Lima Puluh Kota yang telah menerima kami untuk melaksanakan KKN di Nagari Suayan,” ucap Dafa Fakri.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel

Pos terkait