Pemerintah Kota Bukittinggi Serahkan Bibit Durian dan Penghargaan Ketenagaan

Pemerintah Kota Bukittinggi Serahkan Bibit Durian dan Penghargaan Ketenagaan

TOPSUMBAR – Pemerintah Kota Bukittinggi melalui Dinas Pertanian dan Pangan menyerahkan bibit durian serta memberikan Piagam Penghargaan dan Hadiah kepada pemenang Penilaian Ketenagaan dan Kelembagaan Tingkat Kota Bukittinggi Tahun 2024.

Acara tersebut berlangsung di Hall SKB Panorama Baru pada Senin, 22 Juli 2024.

Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar, menjelaskan bahwa bibit durian tersebut merupakan bantuan dari Badan Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Indra Giri Rokan dan Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika.

Bacaan Lainnya

Bibit yang diserahkan meliputi 400 batang durian bawor dan 100 batang durian musang king bersertifikat.

“Dengan pengembangan bibit durian di Kelurahan Pintu Kabun ini, diharapkan dapat menjadi objek wisata argo di masa depan. Apalagi, dengan berkembangnya objek wisata di Panorama Baru ini, akan menjadi daya tarik dan menambah nilai bagi pengunjung,” ungkap Erman Safar.

Pada kesempatan tersebut, Wali Kota juga menyerahkan penghargaan untuk 10 kategori, yaitu kelompok tani, kelompok budidaya ikan, kelompok wanita tani, kelompok tanaman hias, usaha pelayanan jasa alsintan, lembaga keuangan mikro agribisnis, penyuluhan pertanian PNS, serta penyuluh pertanian swadaya dan petani.

Erman Safar menambahkan bahwa penyerahan penghargaan ini bertujuan untuk meningkatkan peran sektor pertanian dalam mewujudkan program pembangunan nasional.

Penyuluh ketenagaan dan petani sebagai pelaku utama dituntut untuk mengembangkan usaha tani yang produktif, menguntungkan, dan mandiri, serta memiliki kemampuan manajerial dan kewirausahaan.

“Penghargaan ini merupakan motivasi bagi penyuluh, petani, dan kelembagaan tani untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja dalam mengelola usaha tani. Penghargaan kepada ketenagaan dan kelembagaan di bidang pertanian dan perikanan perlu diberikan,” ujarnya.

Acara tersebut diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi para petani dan pelaku sektor pertanian di Bukittinggi dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas hasil pertanian mereka.

(JA)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait