Pekan Budaya Lima Puluh Kota 2024 Resmi Ditabuh, Bupati: Tampilkan Kreativitas dengan Sebaik-baiknya

Pekan Budaya Lima Puluh Kota 2024 Resmi Ditabuh, Bupati Tampilkan Kreativitas dengan Sebaik-baiknya

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin secara resmi membuka Pekan Budaya Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2024 pada Senin, 1 Juli 2024.

Acara pembukaan tersebut berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Mahkota Berlian di Sarilamak, Kecamatan Harau.

Ketua Panitia Pekan Budaya Lima Puluh Kota 2024, Afri Efendi, menyampaikan bahwa acara yang berlangsung selama lima hari dari tanggal 1 hingga 5 Juli 2024 ini mengusung tema “Melalui Pekan Budaya tahun 2024, Kita Bumikan Lima Puluh Kota yang Madani, Beradat dan Berbudaya”.

Bacaan Lainnya

Pada kesempatan tersebut, Afri Efendi, yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, merincikan berbagai kegiatan dan lomba yang diselenggarakan.

Kegiatan dan lomba yang akan digelar yakni, pawai budaya, lomba tari Minang kreasi, lomba lagu pop Minang, lomba talempong pacik, festival randai, qasidah rebana.

Kemudian, lomba baju kuruang basiba tradisi dan modifikasi, lomba bercerita legenda Minangkabau, serta pameran dan festival randang.

Para pemenang dari setiap lomba akan mendapatkan hadiah berupa tabanas, trofi, dan piagam yang akan diserahkan langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin.

Dalam sambutannya, Bupati, Safaruddin menjelaskan bahwa RTH Mahkota Berlian dipilih sebagai lokasi acara karena tempat tersebut memang dibangun untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan masyarakat.

“RTH ini dulunya adalah rawa-rawa yang kemudian dibeli oleh Pemkab Lima Puluh Kota dan diubah menjadi Ruang Terbuka Hijau pada tahun 2022,” ucap Safaruddin.

Safaruddin menambahkan bahwa RTH Mahkota Berlian telah dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan, baik pemerintahan maupun masyarakat, termasuk shalat Eid, promosi, olahraga, dan kreasi.

Ia juga menyampaikan bahwa ada usulan untuk membangun miniatur Ka’bah di RTH ini untuk kegiatan manasik haji.

“Saya berharap nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota dapat menampilkan kreativitas mereka dengan sebaik-baiknya di Pekan Budaya 2024 ini,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Sumbar, Jefrinal Arifin, yang mewakili Gubernur Sumbar, memberikan apresiasi kepada Pemkab Lima Puluh Kota atas suksesnya pelaksanaan Pekan Budaya 2024.

Menurutnya, acara ini akan memberikan banyak manfaat bagi kemajuan adat dan budaya daerah khususnya di Lima Puluh Kota.

“Atas nama Gubernur Sumbar, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penyelenggaraan Pekan Budaya Kabupaten Lima Puluh Kota tahun 2024. Semoga acara ini memberikan banyak manfaat bagi kemajuan adat dan kebudayaan daerah,” pungkasnya.

Acara tersebut turut dihadiri oleh Ketua DPRD Lima Puluh Kota, Pj Wali Kota Payakumbuh yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga.

Kemudian, Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah III, Forkopimda, Sekdakab Lima Puluh Kota, LKAAM, Niniak Mamak, Bundo Kanduang, Ketua TP-PKK Lima Puluh Kota, serta berbagai perwakilan dari OPD, perbankan, BUMN, BUMD, UMKM, camat dan wali nagari se-Kabupaten Lima Puluh Kota, pemuda, pemudi, dan para peserta Pekan Budaya.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait