Optimalkan Peran, DPRD Kota Padang Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas pada Masa Sidang II di Pekanbaru

Optimalkan Peran, DPRD Kota Padang Gelar Bimtek Peningkatan Kapasitas pada Masa Sidang II di Pekanbaru

TOPSUMBAR – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Peningkatan Kapasitas Pimpinan dan Anggota DPRD Kota Padang Masa Sidang II Tahun 2024.

Kegiatan tersebut diadakan selama tiga hari dari tanggal 18-20 Juli 2024, dan berlangsung di Hotel Pangeran, Pekanbaru.

Bacaan Lainnya

Sebanyak 45 anggota DPRD Kota Padang beserta pejabat struktural, staf pelaksana Sekretariat DPRD Kota Padang turut hadir pada bimtek tersebut.

Selain itu, hadir juga Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tuanku Tambusai, serta para Narasumber, Fasilitator, dan peserta undangan lainnya.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani secara langsung membuka bimtek dengan tema “Optimalisasi Peran DPRD dalam Perencanaan dan evaluasi Kinerja Pembangunan Daerah”.

“Tema bimtek pada kali ini bukan hanya mencerminkan tanggung jawab kita sebagai wakil rakyat, namun juga menggambarkan komitmen kita dalam mewujudkan kemajuan yang berkelanjutan bagi masyarakat,” ujar Syafrial Kani dalam sambutannya.

Diketahui, DPRD memiliki peran yang strategis dalam menyuarakan aspirasi rakyat, mengawasi pelaksanaan kebijakan pemerintah, serta turut serta dalam pembangunan yang berkesinambungan.

Oleh karena itu, Syafrial Kani mengatakan bahwa bimtek ini disajikan dengan pembekalan materi yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas anggota DPRD dari berbagai narasumber.

Adapun materi yang diberikan yakni, Implementasi dan Arah Kebijakan Penerapan PP No. 35 Tahun 2023 tentang Ketentuan Umum Pajak Daerah dan Retribusi Daerah.

Kemudian, Pengawasan dan Evaluasi Penanaman Modal Daerah, Sinergitas dan Regulasi Perencanaan dan Penyusunan Tata Ruang Wilayah serta Evaluasi Ranperda tentang Rencana Tata Ruang Daerah.

Efektivitas Proses Perizinan dalam Rangka Mendukung Kemudahan Berusaha dan Layanan Daerah, dan Penyimpangan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah yang Merugikan Pemerintah Daerah.

“Kelima materi ini sangat penting dan relevan dengan perkembangan kondisi Pemerintah Kota Padang saat ini. Ini berguna agar kita semua dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman kita untuk melaksanakan tanggung jawab dalam pembiayaan yang bersumber dari APBD,” tambahnya.

Menurutnya, dalam mengoptimalkan pemahaman serta kompetensi pimpinan dan anggota DPRD Kota Padang, tidak cukup hanya dengan pembelajaran selama bimtek tersebut.

Ia berharap, dengan semua anggota DPRD Kota Padang dapat terus belajar dan meningkatkan pengetahuan terhadap dinamika perkembangan masyarakat saat ini.

“Semoga kita semua dapat terus belajar untuk meningkatkan pengetahuan serta kepekaan kita terhadap kondisi masyarakat saat ini dan perubahan regulasi baik di tingkat Daerah maupun Nasional,” harapnya.

Menutupi sambutannya, Syafrial Kani mengucapkan terima kasih serta mengapresiasi Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Tuanku Tambusai, para staf, narasumber, sekretaris serta anggota DPRD Kota Padang, dan semua pihak yang telah terlibat dalam melaksanakan bimtek tersebut.

Sementara itu, Sekretaris DPRD Kota Padang, Hendrizal Azhar dalam laporannya menjelaskan bahwasanya tujuan dari kegiatan bimtek tersebut adalah untuk meningkatkan pemahaman dan pengetahuan pimpinan dan anggota DPRD mengenai tugas, fungsi, dan wewenang sebagai wakil rakyat.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk membekali pimpinan dan anggota DPRD dengan informasi terbaru terkait kebijakan, regulasi, dan isu-isu strategis yang relevan dengan tugas kedewanan.

“Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan keterampilan kita dalam menjalankan tugas-tugas legislatif, pengawasan, dan anggaran,” ujarnya.

Bimtek ini juga diharapkan dapat mengembangkan kemampuan analisis, komunikasi, dan negosiasi yang efektif guna memperkuat peran DPRD dalam pengambilan keputusan.

“Dengan demikian, peran dan fungsi DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat yang efektif dalam menjalankan tugas-tugas legislasi, pengawasan, dan penganggaran dapat diperkuat,” tambahnya.

“Selain itu, bimtek ini juga diharapkan dapat membangun kemitraan dan sinergi yang baik antara DPRD dengan eksekutif dan masyarakat, serta meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar anggota DPRD untuk mencapai tujuan bersama dalam pembangunan daerah,” tambahnya.

Mengakhiri laporannya, Hendrizal mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksaan bimtek kali ini.

“Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan bimtek kali ini. Kami juga mengapresiasi pihak-pihak terkait yang telah menyukseskan kegiatan pada hari ini,” tutupnya.

(ADV)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait