Nama Baru Masjid Raya Sumbar, Mahyeldi Tinjau Persiapan Peresmian Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

Nama Baru Masjid Raya Sumbar, Mahyeldi Tinjau Persiapan Peresmian Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, meninjau persiapan peresmian penambahan nama Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi pada Kamis, 4 Juli 2024.

Peresmian tersebut dijadwalkan berlangsung pada Sabtu, 7 Juli 2024 mendatang, yang bertepatan dengan 1 Muharram 1446 H.

“Pada hari Minggu, 7 Juli 2024 besok, bertepatan pada 1 Muharram 1446 H, Insyaallah kita akan meresmikan penambahan nama pada Masjid Raya Sumbar menjadi Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi Sumbar,” ujar Mahyeldi didampingi oleh Kadis Koperasi dan UMKM Sumbar, Kepala Biro Kesra, dan Kepala Biro Umum.

Bacaan Lainnya

Mahyeldi menjelaskan bahwa penambahan nama masjid tersebut telah mendapat restu serta sambutan yang positif dari keluarga besar keturunan Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawi.

Acara peresmian ini akan dihadiri oleh setidaknya 60 orang keturunan ulama besar asal Sumbar yang pernah menjadi Imam Besar Masjidil Haram tersebut.

“Kehadiran keturunan Syekh Ahmad Khatib di Sumbar juga untuk menghadiri seminar di berbagai perguruan tinggi di Sumbar. Rombongan keturunan beliau yang datang ini memiliki berbagai latar belakang, mulai dari dokter spesialis, ulama, pengusaha, hingga pejabat pemerintahan. Semoga dengan adanya seminar ini, perguruan tinggi di Sumbar dapat menjalin kerjasama dengan Arab Saudi,” tambahnya.

Selain itu, Mahyeldi juga menceritakan pengalamannya saat berkunjung ke Kedutaan Besar Arab Saudi beberapa bulan yang lalu.

Ia mengungkapkan bahwa peluang beasiswa di Arab Saudi sangat banyak, mulai dari jenjang S1, S2, hingga S3 untuk berbagai bidang keilmuan, baik syariah maupun sains secara umum.

“Semoga kehadiran keluarga besar keturunan Syekh Ahmad Khatib ini dapat menjadi momentum untuk menjalin sinergi serta mengembangkan potensi ranah dan rantau demi kemajuan dan kebangkitan Sumbar ke depan, baik dalam bidang pendidikan, pariwisata, investasi, dan lain sebagainya,” harapnya.

(adpsb/cen)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait