Nagari Sitapa Maju ke Lomba Tingkat Nasional dengan Slogan ‘Dari Punggung Gunung Menuju Panggung Setinggi Gunung’

Nagari Sitapa Maju ke Lomba Tingkat Nasional dengan Slogan 'Dari Punggung Gunung Menuju Panggung Setinggi Gunung'

TOPSUMBAR – Slogan “Dari Punggung Gunung Menuju Panggung Setinggi Gunung” yang diusung oleh Nagari Tanjung (Tj) Haro Sikabu-kabu Padang Panjang terbukti menjadi inspirasi yang membawa nagari ini, yang dikenal juga sebagai Nagari Sitapa, maju ke tingkat nasional.

Setelah meraih juara pertama dalam lomba Nagari/Desa dan Kelurahan tingkat Provinsi Sumatera Barat, penghargaan tersebut diserahkan oleh Kepala DPMD Sumatera Barat, Amasrul, kepada Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin pada pembukaan Pekan Budaya di RTH Mahkota Berlian, Senin 1 Juli 2024.

Pada kesempatan itu, Safaruddin mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat dan keseriusan Nagari Sitapa dalam mengembangkan potensi yang ada.

Bacaan Lainnya

“Dengan potensi yang dimiliki, kami optimis Nagari Sitapa dapat tampil sebagai juara nasional,” ujar Bupati.

Ia juga berharap prestasi ini menjadi motivasi bagi nagari lainnya untuk mengembangkan program-program inovatif yang mendukung pembangunan daerah.

Sementara itu, Kepala DPMD Sumatera Barat, Amasrul, menjelaskan bahwa peningkatan ekonomi melalui potensi yang dimiliki oleh Nagari Sitapa membuat dewan juri terkesan.

“Nagari Sitapa benar-benar memanfaatkan potensi yang ada dan menciptakan inovasi luar biasa, sehingga dewan juri memutuskan Sitapa sebagai nagari terbaik di Sumatera Barat tahun ini,” ungkapnya.

Amasrul juga menyoroti kegigihan walinagari dalam mempertahankan potensi lokal, seperti pohon cemara, yang telah menjadi sumber ekonomi bagi masyarakat.

Selain itu, Nagari Sitapa juga mengembangkan inisiatif digital dengan menyediakan podcast dan ruang-ruang interaktif lainnya, yang dibangun bersama masyarakat.

Dengan berbagai inovasi tersebut, Nagari Sitapa kini siap mengikuti penilaian di tingkat nasional yang akan berlangsung pada bulan Juli ini.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait