MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam Resmi Digelar, Diikuti Sebanyak 810 Kafilah

MTQ Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam Resmi Digelar, Diikuti Sebanyak 810 Kafilah

TOPSUMBAR – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-41 Tingkat Kabupaten Agam dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, pada Selasa, 2 Juli 2024.

Acara berlangsung meriah di lapangan Pondok Pesantren Asy Syarif Koto Jorong Koto Laweh, Nagari Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang.

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan pemukulan tambua oleh Gubernur, Mahyeldi Ansharullah, didampingi oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumbar, Mahyudin, Ketua LPTQ Agam, Edi Busti, Wakil Ketua DPRD Agam, Suharman, dan Camat Tilatang Kamang, Novrialdi Ismail yang juga merupakan ketua panitia MTQ Nasional Tingkat Kabupaten Agam.

Bacaan Lainnya

MTQ ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi dan pemahaman Al Quran di kalangan generasi muda.
Kabupaten Agam sendiri memiliki program unggulan dalam pengembangan rumah Tahfidz, maka dengan adanya ajang MTQ ini Pemkab Agam dapat mengevaluasi proses pembelajaran Tahfidz di wilayah tersebut.

Dilansir dari rilis yang dikeluarkan oleh Kominfo Agam pada Selasa, 2 Juli 2024, Andri Warman mengakui tantangan pembinaan generasi muda saat ini semakin kompleks.

Ia berharap pelaksanaan MTQ di Kabupaten Agam dapat menjadi momentum untuk lebih mendekatkan generasi muda kepada Al Quran.

“Mari terus giatkan dan kembangkan rumah Tahfidz serta pembelajaran Tahfidz di lembaga pendidikan seperti SD dan SMP. Melalui pembelajaran Tahfidz, diharapkan akan lahir Qori/Qoriah terbaik yang menjadi generasi hafal Al Quran,” ajak Andri Warman.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Agam, Edi Busti, yang juga Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), dalam laporannya menyampaikan bahwa MTQ Nasional ke-41 tingkat Kabupaten Agam ini diikuti oleh 810 kafilah dari seluruh kecamatan. Mereka mengikuti 13 cabang dengan 37 golongan lomba.

Peserta dari masing-masing kecamatan meliputi:

  1. Kecamatan Tanjung Mutiara sebanyak 28 orang,
  2. Lubuk Basung 52 orang,
  3. Ampek Nagari 36 orang,
  4. Matur 73 orang,
  5. Palembayan 32 orang,
  6. Tanjung Raya 36 orang,
  7. Tilatang Kamang 62 orang,
  8. Kamang Magek 56 orang,
  9. Palupuh 50 orang,
  10. Ampek Angkek 61 orang,
  11. Canduang 69 orang,
  12. Baso 63 orang,
  13. Banuhampu 66 orang,
  14. Sungai Pua 48 orang,
  15. IV Koto 42 orang dan,
  16. Malalak 36 orang.

(HR)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait