Menuju Hidup Sehat, Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Deklarasi ODF di Situjuah Limo Nagari

Menuju Hidup Sehat, Bupati Lima Puluh Kota Pimpin Deklarasi ODF di Situjuah Limo Nagari

TOPSUMBAR – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin menegaskan bahwa kegiatan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) adalah ujung tombak untuk mewujudkan Kabupaten Sehat.

Pernyataan ini disampaikan dalam acara Deklarasi Open Defecation Free (ODF) yang digelar di Kantor Balai Adat Nagari Situjuah Tungkar pada Senin, 15 Juli 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Kepala Dinas Kesehatan Yulia Masna, Kepala BAZNAS, Camat Situjuah Limo Nagari, Forkopimca, Wali Nagari, Ketua Bamus, Ketua KAN, Ninik Mamak Bundo Kanduang, Kepala Jorong, serta tokoh masyarakat lainnya.

Bacaan Lainnya

“Menumbuhkan kesadaran hidup sehat di kalangan masyarakat memang bukan hal mudah. Ini harus dilakukan secara berkesinambungan,” ujar Safaruddin.

“Diperlukan upaya bersama dari masyarakat nagari, pemerintah nagari, kecamatan, dan semua stakeholder terkait untuk menghentikan perilaku buang air besar sembarangan,” tambahnya.

Sementara itu, Wali Nagari Situjuah Tungkar, Yusrizal Dt. Pado, menyatakan bahwa pencapaian ini adalah hasil dari proses panjang yang melibatkan banyak pihak.

“Merubah perilaku masyarakat untuk tidak buang air besar sembarangan bukanlah hal yang mudah. Prestasi ini tercapai berkat peran aktif seluruh masyarakat, dinas terkait, serta Puskesmas dan jajarannya,” ujarnya.

Yusrizal menambahkan bahwa buang air besar sembarangan dapat mencemari lingkungan dan menjadi sumber penyebaran penyakit.

“Dengan deklarasi ODF ini, diharapkan derajat kesehatan masyarakat Situjuah Tungkar meningkat.”

“Melalui deklarasi ini, kami berharap masyarakat Situjuah Tungkar dapat hidup lebih bersih dan sehat serta perilaku stop buang air besar sembarangan dapat terus berlanjut,” harap Yusrizal.

Deklarasi ODF di Kecamatan Situjuah Limo Nagari ditandai dengan penandatanganan pernyataan oleh Kepala Dinas Kesehatan, Camat Situjuah Limo Nagari, Wali Nagari, Kepala Puskesmas, Forkopimca, Ketua Bamus, Ketua KAN, Kepala Jorong, PKK, dan Kader Kesehatan.

Penandatanganan ini menunjukkan komitmen bersama untuk meningkatkan sanitasi dan kesehatan lingkungan.

Selain itu, Safaruddin juga menyerahkan Sertifikat Deklarasi ODF kepada Wali Nagari Situjuah Tungkar dan Camat Situjuah Limo Nagari.

BAZNAS juga memberikan bantuan berupa 20 unit WC sehat kepada Wali Nagari Situjuah Tungkar dan Wali Nagari Situjuah Banda Dalam.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan Kartu Keikutsertaan Jaminan Kesehatan bagi 435 peserta baru di Nagari Situjuah Tungkar dan 1.240 jiwa di Kecamatan Situjuah Limo Nagari.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait