Membangun Kerjasama Tim, Kunci Kesuksesan Perusahaan Menurut Sigit Hariyadi

Membangun Kerjasama Tim, Kunci Kesuksesan Perusahaan Menurut Sigit Hariyadi

TOPSUMBAR – Kerjasama tim didalam perusahaan menjadi faktor yang sangat penting bagi tercapainya visi dan kesuksesan perusahaan di masa depan.

Mulai dari karyawan hingga jajaran pimpinan perusahaan tentu mengharapkan tercapainya kesuksesan perusahaan demi kesejahteraan bersama.

Namun, kesuksesan pada perusahaan tidak datang begitu saja, tentu kesuksesan akan terasa lebih mudah dicapai jika perusahaan memiliki orang-orang yang terbaik dan kompeten di bidangnya.

Pimpinan PT. Narendra Hutama Karya yang mengelola perumahan Sulthan Residence di Kabupaten Pasaman Barat, Sigit Hariyadi, kepada topsumbar.co.id mengatakan bahwa, bicara orang-orang terbaik itu tidak bisa hanya bekerja secara sendirian, namun, mereka harus bisa berkomunikasi dengan rekan kerja dan membentuk kerjasama tim yang solid agar mampu membawa perusahaan mencapai kesuksesan sesuai visi misinya.

“Oleh karena itu, dalam perusahaan, diperlukan karakter seseorang yang mampu melakukan komunikasi dan kerjasama tim yang baik. Inilah yang menjadi fokus utama kami dalam merekrut karyawan,” sebutnya.

Dalam Kerjasama tim kata Sigit, sepandai apapun seseorang, tetap tidak akan mampu memberikan kontribusi maksimal bagi perusahaan apabila tidak mampu bekerjasama dengan anggota tim yang lain.

“Sekarang kita sedang menjajaki pengembangan bisnis ke IKN Kalimantan. Tentu membutuhkan kerja sama yang baik demi mencapai tujuan yang baik pula,” paparnya.

Sekarang kata Sigit lagi, sudah banyak perusahaan yang fokus dengan teamwork, sehingga mereka mengikutsertakan karyawan dalam pelatihan-pelatihan atau gathering, untuk menciptakan kerjasama tim yang solid.

Tentu saja, tidak bisa dipungkiri, yang memiliki peranan paling krusial dalam terbentuknya kerjasama tim yang solid ini adalah para pimpinan atau manajer perusahaan.

“Merekalah yang harus mampu mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat sesuai dengan bidang dan kompetensinya, memotivasi anggota tim untuk mencapai target, dan mencari solusi terbaik jika terjadi konflik antar anggota tim,” jelasnya.

Lantas, apa saja sebenarnya kriteria yang dibutuhkan untuk menjalin sebuah kerjasama tim yang solid ? antara lain adalah :

1. Tujuan dan komitmen yang sama

Kolaborasi tim yang efektif hanya bisa tercapai jika semua anggota memiliki semangat untuk mencapai tujuan yang sama dan bersedia mengesampingkan kepentingan pribadi atau ego demi keberhasilan perusahaan.

Semangat ini tentu juga harus diikuti dengan komitmen untuk bekerja semaksimal mungkin demi terwujudnya tujuan tersebut.

2. Setiap anggota tim memiliki andil

Kerjasama tim artinya semua anggota tim bekerja bersama-sama untuk meraih tujuan yang sama. Apabila ada anggota tim yang tidak berkontribusi dan malah bermalas-malasan saat rekan-rekannya bekerja keras, hal ini dapat memicu konflik dalam tim.

Di sinilah peran seorang manajer menjadi penting untuk menempatkan setiap anggota sesuai dengan kemampuan dan tanggung jawab mereka masing-masing.

3. Kepercayaan antar anggota tim

Setiap orang pasti memiliki kelebihan dan kelemahan yang berbeda, oleh karena itu harus ada kepercayaan dari antar anggota tim dalam bekerja. Jika anggota tim sudah saling percaya dan bersedia menurunkan ego pribadi mereka, maka keberhasilan perusahaan hanya tinggal menunggu waktu.

Semua kriteria di atas sebaiknya ada dalam tim untuk membentuk kerjasama tim yang tangguh. Tetapi, semua hal tersebut tentu tidak dapat terjadi secara instan.

Oleh karena itu, budaya kerjasama tim harus mulai dibangun dan didukung sepenuhnya oleh manajemen perusahaan, serta diadopsi oleh setiap karyawan dan individu dalam perusahaan.

(BB)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait