Melihat Keseharian Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya Pertama Ny. Hj. Eti Ahmad Munawar

Melihat Keseharian Ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya Pertama Ny. Hj. Eti Ahmad Munawar

TOPSUMBAR – Ny. Hj. Eti Ahmad Munawar (73) terlihat menyiangi tanaman dihalaman rumahnya, Wisma Indah Gambok, Muaro Sijunjung saat ditemui pada Selasa, 16 Juli 2024.

“Beginilah keseharian nenek-nenek,” ungkap Buk Eti, demikian pemilik nama lengkap Nurhayati Chan mengawali kisah.

Hj. Eti Ahmad Munawar adalah ketua TP-PKK Kabupaten Dharmasraya yang pertama, semasa suaminya menjabat sebagai bupati Dharmasraya.

Suami Buk Eti, Drs. H. Ahmad Munawar, MM dilantik sebagai Pj bupati Dharmasraya 20 tahun yang lalu, pada tanggal 10 Januari 2004, sekaligus bupati pertama didaerah otonom yang baru dimekarkan tersebut.

Kabupaten Dharmasraya adalah kabupaten pemekaran dari Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung.

Diusianya yang tak lagi muda, Ibu Eti masih memiliki memori yang tajam hingga sekarang.

Diketahui, Ibu Eti mulai masuk ke Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung tahun 1978, mendampingi suami yang bertugas sebagai pamong praja.

“Pohon kelapa dipekarangan rumah dinas camat IV Nagari, semasa Ibuk tinggal disitu ditanam dulu,” lanjut Buk Eti.

Kegemaran Ibu Eti (yang juga pensiunan pegawai) terhadap dunia pertanian berlanjut hingga sekarang.

Semenjak pensiun sebagai Kabid Sosial tahun 2007 silam, di instansi Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sawahlunto/Sijunjung, Ibu Eti aktif memelihara tanaman hias dan tanaman buah-buahan.

Aneka jenis tanaman terdapat dipekarangannya, mulai dari pepaya, jambu, jeruk, belimbing, refugia serta cabai rawit.

Tanaman hias pun tampak bervariasi dipekarangan Ibu Eti yang murah senyum dan ramah itu, mulai dari kaktus, mawar, melati hingga bonsai.

“Setiap pagi Ibu merawat tanaman, menyiram, menyiangi dan memupuk sambil menikmati matahari pagi,” lanjutnya.

Saat ditawari benih Pisang Ameh Pasaman, Ibu Eti pun langsung mengambil cangkul dan mempersiapkan lokasi untuk penanaman dihalaman rumahnya.

Pisang Ameh Pasaman, Pisang Barangan Merah serta Pisang Kepok Tanjung adalah komoditas unggulan daerah yang telah dikembangkan di Kabupaten Sijunjung.

Bupati, Benny Dwifa Yuswir, SSTP, M.Si Sutan Gumilang bersama Wabup H. Iraddatillah, S.Pt telah melakukan pengembangan pisang unggul itu hingga ke berbagai nagari sejak tahun 2021 lalu.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait