Matangkan Persiapan, Payakumbuh Siap Sambut MTQ ke-41

Matangkan Persiapan, Payakumbuh Siap Sambut MTQ ke-41

TOPSUMBAR – Dalam rangka mematangkan persiapan untuk gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Payakumbuh ke-41, Pemerintah Kota (Pemko) Payakumbuh menggelar Rapat Persiapan di Aula Randang, lantai 2 Balai Kota Payakumbuh, pada Senin, 15 Juli 2024.

Rapat ini dipimpin oleh Asisten I, Dafrul Pasi mewakili Penjabat (Pj) Wali Kota Payakumbuh dan dihadiri oleh Kakan Kemenag H. Joben beserta jajaran, Kabag Kesra Efrizal, seluruh Camat se-Kota Payakumbuh, dan Tim LPTQ Kota Payakumbuh.

Dalam arahannya, Dafrul Pasi menegaskan bahwa Kecamatan Payakumbuh Barat akan menjadi tuan rumah pelaksanaan MTQ kali ini.

Bacaan Lainnya

“Lomba MTQ merupakan ajang untuk menjaring potensi seni baca dan tulis Al-Quran di Payakumbuh melalui berbagai cabang lomba,” ujarnya.

Dafrul Pasi juga menambahkan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memupuk rasa cinta Al-Quran dan ukhuwah islamiyah di antara seluruh elemen masyarakat.

“Kegiatan ini memberi motivasi kepada peserta dan masyarakat untuk mencintai, mempelajari, memahami, dan mengamalkan nilai-nilai Al-Quran,” tuturnya.

Selain itu, ia berharap pelaksanaan MTQ tingkat Kota ini dapat berlangsung dengan meriah dan sukses.

“Dengan sinergi bersama, kita upayakan agar pelaksanaan MTQ kali ini lebih baik dari sebelumnya,” tambahnya.

Sementara itu, Kabag Kesra Efrizal menyampaikan bahwa berdasarkan hasil rapat, MTQ ke-41 Kota Payakumbuh akan diselenggarakan pada 13 dan 14 September 2024.

“MTQ ini dapat diikuti oleh warga asli Kota Payakumbuh yang memiliki KTP atau KK di wilayah Kota Payakumbuh, yang dibuktikan dengan KTP atau KK asli,” jelasnya.

Lebih lanjut, Efrizal menjelaskan bahwa warga Kota Payakumbuh yang ber-KTP di luar Kota Payakumbuh (dalam wilayah Sumatera Barat) dapat mengikuti MTQ dengan syarat menunjukkan KK orang tua mereka.

Selain itu, warga Kabupaten Lima Puluh Kota yang memiliki aktivitas di Kota Payakumbuh, seperti orang tua yang bekerja di Payakumbuh atau anak yang bersekolah di Payakumbuh, juga dapat ikut serta dengan menunjukkan bukti SK atau rapor.

Efrizal menegaskan bahwa juara MTQ tingkat Kota Payakumbuh tahun 2024 akan mewakili kota ini dalam MTQ tingkat Provinsi Sumatera Barat di Bukittinggi pada tahun 2025.

“Lomba akan dipusatkan di Masjid Istiqomah, Kelurahan Bulakan Balai Kandi, Payakumbuh Barat. Cabang lomba lainnya akan diselenggarakan di masjid dan sekolah terdekat,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, juga dilakukan penyerahan SK Tuan Rumah Lomba MTQ ke-41 tingkat Kota Payakumbuh dari Asisten I Dafrul Pasi kepada Camat Payakumbuh Barat, Ul Fakhri.

(TON)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait