Masihkah Tabuik Jadi Potensi Utama Pariwisata Kota Pariaman? Ini Kata Pj Wali Kota, Roberia

Masihkah Tabuik Jadi Potensi Utama Pariwisata Kota Pariaman Ini Kata Pj Wali Kota, Roberia

TOPSUMBAR – Panitia Tabuik Pariaman menggelar Seminar Tabuik dengan tema “Masihkah Tabuik Menjadi Potensi Utama Pariwisata Kota Pariaman” di Aula Balaikota Pariaman pada Selasa, 16 Juli 2024.

Dalam seminar tersebut, Pj Wali Kota Pariaman, Roberia bertindak sebagai keynote speaker dan pembicara terkait apakah tabuik bisa meningkatkan perekonomian masyarakat dan menjadi icon wisata budaya di Kota Pariaman.

Selain itu, acara ini juga menampilkan tiga pembicara lainnya yakni, Dr. Iqbal Alan Abdullah, CEO Royalindo Group, yang membahas “Festival Tabuik dari Perspektif Bisnis Event”.

Bacaan Lainnya

Kemudian, Dr. Asril Muchtar, Dosen ISI Padang Panjang, yang menyampaikan tentang “Keberlanjutan Tabuik Sebagai Event Budaya Dalam Menunjang Pariwisata”, dan Dr. Ma’ruf, Dosen Universitas Andalas, yang membicarakan “Tabuik Sebagai Potensi Marketing”.

Sedangkan yang bertindak sebagai moderator dalam seminar ini ialah Sadri Caniago, dosen dari FISIP Unand.

Dilansir dari laman media center kominfo Kota Pariaman pada Rabu, 17 Juli 2024, dalam pemaparannya, Roberia menegaskan bahwa Tabuik akan selalu menjadi andalan wisata budaya di Kota Pariaman.

Menurutnya, acara ini dapat berpotensi meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya di Kota Pariaman.

“Untuk proses pembuatan tabuik budaya tahun ini, sepenuhnya saya serahkan kepada yang ahli dan mengerti. Bukan dari kalangan ASN, tetapi dari kalangan anak nagari yang diketuai oleh Ketua Pelaksana, Dr. Firman Syakri Pribadi, S.E., M.M., atau yang lebih dikenal dengan sebutan Adjo Fe,” ungkap Roberia.

Ia menjelaskan bahwa pembuatan Tabuik harus dilakukan oleh mereka yang memahami semua prosesi pelaksanaan tabuik ini, mulai dari mambiak tanah, manabang batang pisang, hingga tabuik siap dihoyak pada Minggu, 21 Juli 2024 nanti.

“Oleh karena itu, kita meminta pihak terkait untuk dapat membantu serta memperluas lintasan tabuik agar prosesinya dapat berjalan dengan aman dan lancar. Serta menjadikan tabuik sebagai icon yang lebih dikenal kedepannya,” tutupnya.

(Zaituni)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait