Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif Diabadikan Jadi Nama Rumah Sakit di Sijunjung

Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Ahmad Syafii Maarif Diabadikan Jadi Nama Rumah Sakit di Sijunjung

TOPSUMBAR – Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir secara resmi mengabadikan nama mantan Ketua PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif menjadi nama Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di Sijunjung pada Jumat, 12 Juli 2024.

Penandatanganan prasasti RSUD Ahmad Syafii Maarif Kabupaten Sijunjung dilaksanakan di Kecamatan Kamang Baru disaksikan pejabat Kemenkes, pejabat RSCM Jakarta, pejabat RSUP M. Djamil Padang serta ratusan orang lainnya.

Sebelumnya, RSUD Ahmad Syafii Maarif Kabupaten Sijunjung yang beralamat di Tanah Badantung itu adalah bernama RSUD Sijunjung.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah bentuk penghargaan kepada tokoh nasional yang juga Guru Bangsa, sekaligus tokoh Muhammadiyah” ujar Benny dalam sambutan.

Penandatanganan prasasti tersebut, dilakukan bersamaan dengan peresmian RSUD Pratama Sijunjung yang berlokasi di Jorong Batang Kariang, Nagari Kamang, Kecamatan Kamang Baru.

Ahmad Syafii Maarif (1935-2022), adalah tokoh nasional berjuluk Guru Bangsa yang berasal dari Kecamatan Sumpur Kudus, Kabupaten Sijunjung.

Pernah menjadi ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah (1997-2002), selain itu beliau juga dikenal sebagai cendekiawan, budayawan, wartawan dan penulis aktif serta pegiat anti korupsi.

“Semoga nilai-nilai dan spirit yang ditinggalkannya menjadi pengingat bagi kita dalam rangka membangun bangsa,” tutup Benny.

Hingga saat ini, Ahmad Syafii Maarif telah diabadikan jadi nama jalan, gedung, museum, pojok baca, convention hall, mushallah hingga pustaka.

(AG)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait