Malam Ini, Kangen Band dan Diskusi Literasi Digital akan Meriahkan Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024, GRATIS!

Malam Ini, Kangen Band dan Diskusi Literasi Digital akan Meriahkan Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024, GRATIS!

TOPSUMBAR – Dalam rangka Program Literasi Digital “Indonesia Makin Cakap Digital”, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menggelar diskusi tentang Kiat Aman Berselancar di Internet.

Diskusi menarik ini akan digelar di Gelanggang Olahraga (GOR) Rawang Pariaman pada Jumat malam, 19 Juli 2024, pukul 20.00 WIB.

Selain itu, acara ini juga akan dimeriahkan oleh penampilan dari Kangen Band, grub musik terkenal yang berasal dari Bandar Lampung.

Bacaan Lainnya

Kangen Band akan hadir untuk menghibur para peserta diskusi literasi digital yang bersamaan dengan rangkaian Festival Pesona Hoyak Tabuik Pariaman 2024.

Diskusi Literasi Digital yang mengangkat tema “Kiat-Kiat Aman Berselancar di Internet” tersebut merupakan kerja sama dari Kemkominfo dengan Pemerintah Kota Pariaman dan Komunitas setempat.

Tujuannya ialah, untuk memberikan kiat-kiat aman berselancar di Internet kepada para pemuda serta organisasi kepemudaan di Wilayah Kota Pariaman, Sumatera Barat.

Selain itu, diskusi ini akan dikemas dengan Talkshow dan menghadirkan 3 narasumber yang sudah dikenal luas khususnya di Sumatera Barat.

Ketiga narasumber tersebut yakni, komedian dan musisi Ajo Buset, Sekretaris Dinas Kominfo Kota Pariaman Riky Falantino, serta Influencer Da Lipp (Riko Sapta Hadi), dengan dimoderatori oleh Fitria Rosadi.

“Kami mengundang masyarakat Kota Pariaman untuk hadir pada diskusi ini, serta nikmati konser Kangen Band secara gratis. Silakan mengisi link registrasi peserta di https://s.id/pendaftarankomunitaspariaman1907. Berbagai doorprize akan kita bagikan di acara ini. Jangan lewatkan kesempatan ini,” ujar Kemkominfo dalam rilis kepada awak media pada Kamis, 18 Juli 2024.

Diketahui, berselancar di Internet merupakan aktivitas browsing atau bernavigasi melalui berbagai situs Web dan Konten Online.

Aktivitas ini melibatkan browsing atau navigasi melalui berbagai situs web dan konten online, termasuk membaca artikel, menonton video, berinteraksi di media sosial, berbelanja online, dan melakukan penelitian.

Kiat-kiat aman berselancar di internet yang akan dibahas dalam diskusi ini mencakup pedoman untuk melindungi informasi pribadi, menjaga privasi, serta menghindari ancaman online seperti malware, penipuan phishing, hingga pencurian identitas.

“Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan perilaku bertanggung jawab para pengguna saat menggunakan internet, sehingga pengalaman online menjadi lebih aman,” jelasnya.

Selain itu, diskusi ini juga akan dihadiri oleh berbagai komunitas masyarakat di Kota Pariaman seperti, komunitas Scooter, Pariaman Club, komunitas Layang Danguang Pariaman, komunitas Pariaman Berlari, serta masyarakat Pariaman dan sekitarnya.

Diskusi ini merupakan bagian dari program Gerakan Literasi Digital (GNLD), sebagai salah satu upaya untuk percepatan informasi digital sektor pendidikan hingga kelompok masyarakat menuju Indonesia yang #MakinCakapDigital.

Sejak dimulai Tahun 2017, GNLD telah diikuti oleh 24,6 juta orang hingga akhir 2023.

Berdasarkan survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia pada Tahun 2024 telah mencapai 221,5 juta jiwa dari total populasi 278,7 juta jiwa.

Sedangkan Tingkat penetrasi internet di Indonesia pada Tahun 2024 mencapai 79,5 persen, meningkat dari 78,19 persen pada 2023.

“Kita berharap kegiatan ini dapat menaikkan literasi digital 50 Juta Masyarakat Indonesia hingga akhir 2024 ini,” harapnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang literasi digital dan kegiatan terkait, masyarakat dapat mengunjungi website info.literasidigital.id.

(HT)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait