Mahyeldi: WIES Tingkatkan Peluang Industri Halal Sumbar di Kancah Internasional

Mahyeldi WIES Tingkatkan Peluang Industri Halal Sumbar di Kancah Internasional

TOPSUMBAR – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah, menyatakan bahwa World Islamic Entrepreneur Summit (WIES) memberikan peluang besar bagi industri halal di daerah tersebut untuk dikenal lebih luas di kancah internasional.

“Pada WIES 2023, peserta berasal dari 20 negara dengan jumlah pengunjung mencapai 10.000 orang. Ini membuka peluang besar bagi industri halal Sumbar untuk lebih dikenal dunia,” ucap Mahyeldi di Padang, Minggu 7 Juli 2024 dikutip dari rilis biro adpim Sumbar.

Ia menambahkan, perputaran uang pada WIES 2023 lalu mencapai Rp 146,8 miliar.

Bacaan Lainnya

“Ini menunjukkan bahwa WIES tidak hanya memberikan efek promosi, tetapi juga membawa dampak ekonomi langsung yang signifikan,” tambahnya saat menghadiri agenda Road to WIES 2025 yang dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, di Padang.

Mahyeldi mengungkapkan bahwa mengingat besarnya dampak yang diberikan oleh WIES, Pemprov Sumbar memberikan dukungan penuh untuk pelaksanaan WIES ke-2 pada tahun 2025, yang diharapkan akan diikuti oleh lebih banyak peserta dari berbagai negara.

Ia mengajak pelaku industri halal di Sumbar untuk menjadikan WIES sebagai penyemangat dalam berinovasi dan menghasilkan produk berkualitas tinggi agar memiliki daya saing.

Menurutnya, untuk memaksimalkan peluang yang terbuka melalui WIES, diperlukan kolaborasi antara pemerintah dan semua pemangku kepentingan lainnya, terutama dalam mendorong peningkatan kualitas produk industri halal di Sumbar.

Selain itu, Mahyeldi juga menilai bahwa WIES dapat memberikan peluang bagi sektor pariwisata halal Sumbar untuk lebih dikenal dunia.

Menurutnya, seperti yang terjadi di Bali, Yogyakarta, dan NTB, sektor pariwisata dapat menjadi pendorong penguatan fiskal daerah.

“Daerah sentra pariwisata seperti Bali, Yogyakarta, dan NTB memiliki kemampuan fiskal yang baik didukung oleh sektor pariwisata. Ke depan, Sumbar juga memiliki potensi besar untuk menjadi seperti daerah-daerah tersebut,” katanya.

Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, menyebutkan bahwa WIES merupakan wadah yang mempertemukan para pengusaha Muslim dari 20 negara di dunia untuk bertukar informasi, membuka peluang usaha, wawasan, dan lapangan kerja baru.

“WIES yang telah menjadi ‘milik’ Sumbar, membuka peluang bagi provinsi tersebut untuk menjadi pusat industri dan pariwisata halal dunia,” tutupnya.

(adpsb)

Dapatkan update berita terbaru dari  Topsumbar. Mari bergabung di Grup Telegram  Topsumbar News Update, caranya klik link https://t.me/topsumbar kemudian join. Anda harus instal aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Pos terkait